Devotion 700 : MENJADI KONTRIBUTOR

Devotion 700 - DR. Heintje Kobstan
MENJADI KONTRIBUTOR
Bacaan: 1 Tawarikh 7

Dalam pasal ini, ada 6 suku yang diuraikan keturunannya, yaitu Izakhar, Benyamin, Naftali, Manasye bagian Barat, Efraim dan Asyer. Namun pasal ini hanya menguraikan keturunan yang penting saja. Setiap suku memberikan kontribusi dalam berbagai bidang tetapi yang terutama adalah dalam kemiliteran. Namun ada 2 suku yang tidak dicatat dari awal penulisan silsilah oleh penulis kitab Tawarikh, yaitu Dan dan Zebulon.

Dan bersama Naftali adalah anak-anak Bilha, jadi Naftali telah mewakili Dan. Namun dalam sejarah, Dan telah membuat aib yaitu dengan menyetujui dan melakukan penyembahan kepada berhala, di Lais, dimana telah didirikan anak lembu emas oleh Yerobeam. Penyembahan kepada anak lembu emas dan meninggalkan Tuhan telah membuat mereka menjadi orang-orang yang keji dihadapan Tuhan. Tetapi ada sejumlah usaha untuk menjelaskan hal ini dan mungkin saja terjadi penyimpangan dalam penulisan, namun bisa jadi karena tindakan Dan dan Zebulon maka mereka disingkirkan oleh penulis kitab ini. Adapun setiap suku yang dituliskan disini dapat memberikan kontribusi yang diperlukan pasca pembuangan. Namun ada yang menarik dari Naftali, anak Yakub dari Bilha yang merupakan gundiknya. Anak gundik bisa saja merendahkan martabat Naftali, tetapi Naftali merupakan milik Allah yang sah sebagai bagian dari Israel. Setiap umat Tuhan seharusnya bisa memberikan kontribusi demi kemajuan pelayanan bukannya menuntut harus dilayani atau bersikap pasif sebagai penerima. Karena itu, berikan yang terbaik yang bisa kita berikan untuk memperluas kerajaan Allah.

Jadilah kontributor untuk memperluas kerajaan Allah dengan semua potensi yang Tuhan berikan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 7:5 "Saudara-saudara sesuku mereka dari segala kaum Isakhar, pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa, semuanya ada delapan puluh tujuh ribu orang yang terdaftar dalam silsilah."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT