Devotion 696 : JANJI TUHAN DINYATAKAN LEWAT PRIBADI YANG ISTIMEWA

Devotion 696 - DR. Heintje Kobstan
JANJI TUHAN DINYATAKAN LEWAT PRIBADI YANG ISTIMEWA
Bacaan: 1 Tawarikh 3

Kali ini fokus penulis adalah kepada silsilah keturunan Daud. Penulis menelusuri keturunan pendiri kerajaan raja Yehuda, yaitu Daud sampai sekitar tahun 500 SM. Dibawah pemerintahan Persia, orang Yahudi tidak diijinkan untuk memiliki seorang raja. Penulis melanjutkan silsilah Ram sampai pada keturunan Daud yang lahir di Hebron dan Yerusalem. Dari keturunan Salomo dari sebelum dan sampai ke masa pembuangan. Dan keturunan Yekhonya (Yoyakhin) selama dan setelah pembuangan.

Daftar keturunan Daud yang lahir di Hebron dan Yerusalem, dimaksudkan oleh penulis untuk membedakan keturunan Daud secara umum dan secara khusus yang akan menjadi raja-raja. Daftar keturunan Salomo dimaksudkan untuk menyatakan peralihan kekuasaan dari Daud kepada Salomo tanpa memperhatikan perselisihan perebutan takhta dengan Adonia. Ketika kerajaan Israel terbagi dua, maka Tuhan mengokohkan takhta Daud lewat jalur Yehuda. Karena Tuhan sudah berjanji bahwa dari keturunan Daud akan datang Mesias yang akan membebaskan umatNya. Keturunan Yekhonya disebut orang buangan karena diangkut ke Babel tahun 597 SM. Yekhonya telah ditolak Allah sebagai garis keturunan raja. Tetapi bagaimana dengan kelanjutan keturunan Daud dan nubuatan Mesias? Apakah terhenti atau ada garis keturunan Daud lainnya yang akan mengambil alih takhta kerajaan setelah pembuangan? Ternyata dalam silsilah ini terlihat bahwa kutuk itu telah diangkat dan Tuhan menegakkan kembali garis keturunan Yekhonya sebagai pengharapan kerajaan Israel. Walau memang kerajaan Yehuda hancur namun keturunan Daud masih tetap hidup dan pada akhirnya janji Tuhan pun akan tergenapi. Penantian orang Yahudi menantikan Putra Daud, seorang raja yang melebihi raja-raja dunia, yaitu Mesias. Melalui Mesias yang mereka nantikan tetapi yang juga mereka tikam, akan datang penebusan dan kerajaan Allah di bumi. Secara manusia janji Tuhan tidak akan tergenapi karena kerajaan Yehuda hancur tetapi bagi Tuhan tak ada yang dapat menghentikan janji dan kehendakNya.

Penggenapan janji Tuhan tidak hanya lewat institusi tetapi juga lewat pribadi-pribadi yang istimewa yang menaati kehendakNya.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 3:16 "Keturunan Yoyakim ialah Yekhonya, anaknya itu, dan anak orang ini ialah Zedekia."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT