Devotion 693 : MELAKUKAN KESALAHAN YANG SAMA

Devotion 693 - DR. Heintje Kobstan
MELAKUKAN KESALAHAN YANG SAMA
Bacaan: 2 Raja-raja 25

Zedekia memberontak kepada Babel sehingga datanglah Nebukadnezar, raja Babel dengan segala tentaranya menyerang Yerusalem. Mereka mendirikan tembok pengepungan disekeliling Yerusalem selama 1 tahun 5 bulan 12 hari. Akibat Zedekia melanggar sumpah setia kepada raja Babel, sehingga mengakibatkan Yerusalem dilanda kelaparan. Karena kelaparan begitu hebat, maka orang-orang membelah tembok dan semua tentara melarikan diri ke Araba-Yordan tetapi tentara Kasdim mengejar mereka lalu menangkap Zedekia dan keluarganya. Akibat Zedekia melanggar sumpah setianya maka anak-anaknya dibunuh didepan matanya, serta matanya dibutakan dan ia pun ditawan dan dibawa ke Babel. Bukan itu saja, terjadi penjarahan dan pembakaran atas rumah Tuhan dan rumah-rumah pembesar negeri itu.

Kemudian Gedalya diangkat menjadi gubernur. Namun Ismael bin Netanya bin Elisama seorang keturunan raja datang bersama 10 orang dan membunuh Gedalya bersama dengan orang-orang Yehuda dan orang-orang Kasdim di Mizpa. Kemudian Ismael dan seluruh rakyat beserta panglima-panglima tentara melarikan diri ke Mesir sebab mereka takut kepada Babel. Di dalam pembuangan, Yoyakhin mendapatkan belas kasihan dari Ewil-Merodakh, raja Babel. Dari kehidupan Zedekia kita bisa belajar tentang keangkuhan dan kebodohan manusia yang tidak mau belajar dari orang lain. Zedekia tidak belajar dari kehidupan Yoyakim, yang awalnya memberi upeti lalu kemudian memberontak kepada Babel. Orang yang bijaksana adalah orang yang bisa belajar dari pengalaman hidup orang lain dan tidak melalukan kesalahan yang sama dengan yang mereka lakukan. Akibatnya, anak-anaknya dibunuh didepan mata Zedekia serta matanya dibutakan dan ia ditawan ke Babel. Ibaratnya, jika hidup kita tidak bijaksana maka kita akan mengalami jatuh ditimpa tangga, injak paku berkarat dan kemudian dikejar anjing gila.

Orang yang bijaksana adalah orang yang belajar dari pengalaman hidup orang lain tetapi tidak melakukan kesalahan yang sama yang mereka telah lakukan.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 25:6 "Mereka menangkap raja dan membawa dia kepada raja Babel di Ribla, yang menjatuhkan hukuman atas dia."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT