Devotion 673 : UJIAN-UJIAN KEHIDUPAN

Devotion 673 - DR. Heintje Kobstan
UJIAN-UJIAN KEHIDUPAN
Bacaan: 2 Raja-raja 5

Naaman panglima raja Aram adalah seorang yang berpenyakit kusta. Ia menjadi panglima karena kemenangan-kemenangan yang ia raih dalam pertempuran. Kemenangan-kemenangan itu didapatnya karena TUHAN sehingga Aram memperoleh kemenangan. Naaman menjadi kesayangan raja walaupun menderita sakit kusta. Seorang yang berprestasi dan memberikan keuntungan bagi organisasinya akan mendapatkan kasih dan perhatian khusus dari pemimpinnya. Seorang anak perempuan Israel yang melayani dirumahnya menyuruh Naaman ke Israel karena disana ada nabi Tuhan yang bisa menyembuhkan. Lalu kemudian raja Aram mengirim surat kepada raja Israel, dan Naaman pun ke Israel.

Kisah selanjutnya adalah Naaman pergi untuk menemui Elisa. Sesampainya di depan rumah, Elisa menyuruh orang untuk memberitahu kepada Naaman jika ingin sembuh ia harus mandi di sungai Yordan 7 kali. Hari ini kita belajar ujian-ujian dalam kehidupan yang akan memurnikan dan memperkokoh iman kita. Ujian bagi raja Israel adalah ujian meresponi segala sesuatu secara positif, dan ternyata ketika menerima surat dari raja Aram, ia berespon negatif. Mengapa demikian? Karena raja Israel tidak sepenuh hati mempercayai Tuhan. Ujian bagi Naaman adalah ujian ketaatan dan kerendahan hati. Ketika anak kecil dari Israel menyuruhnya untuk bertemu dengan Elisa, ia pun melakukannya. Tetapi ketika Elisa menyuruhnya untuk mandi di sungai Yordan maka muncullah kesombongannya. Tetapi segeralah ia menyadari dan merendahkan diri serta melakukan perinta Elisa dan ia pun sembuh. Maka Naaman mempercayai Allah Israel dalam hidupnya. Ujian bagi Elisa adalah harta dan kekayaan sebagai imbalan pelayanan yang ia berikan kepada Naaman. Tetapi Elisa tidak menerima itu, karena ia tidak melayani dengan berorientasi pada harta dan kekayaan. Ujian bagi Gehazi, hamba Elisa juga pada masalah harta dan kekayaan, dan dengan motivasi ingin menjadi kaya maka Gehazi kena kutuk kusta Naaman. Ujian-ujian kehidupan ini sering dialami oleh orang percaya dan dibalik itu semua ada anugerah Tuhan yang besar yang mereka terima.

Ujian-ujian dalam kehidupan yang dialami orang percaya adalah untuk memurnikan dan memperkokoh iman dan dibalik itu semua ada anugerah Tuhan yang besar.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 5:17 "Akhirnya berkatalah Naaman: "Jikalau demikian, biarlah diberikan kepada hambamu ini tanah sebanyak muatan sepasang bagal, sebab hambamu ini tidak lagi akan mempersembahkan korban bakaran atau korban sembelihan kepada allah lain kecuali kepada TUHAN."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT