Devotion 684 : MENGGANTIKAN TUHAN

Devotion 684 - DR. Heintje Kobstan
MENGGANTIKAN TUHAN
Bacaan: 2 Raja-raja 16

Ahas, anak Yotam menjadi raja di Yehuda. Selama ia memerintah Yehuda, ia tidak melakukan apa yang benar dimata Tuhan seperti Daud bapa leluhurnya. Ia hidup menurut kelakuan para raja Israel, bahkan dia juga mempersembahkan anaknya sebagai korban dalam api sesuai perbuatan keji yang dilakukan oleh bangsa-bangsa yang dihalau Tuhan dari depan Israel. Ia juga mempersembahkan korban bakaran dibukit-bukit pengorbanan, diatas tempat-tempat yang tinggi dan dibawah setiap pohon yang rimbun. Ahas adalah salah satu raja terjahat di dalam silsilah raja Yehuda.

Ahas juga bersekutu dengan raja Asyur bahkan ia mengambil emas dari perbendaharaan bait suci dan mempersembahkan kepada raja Asyur. Ahas menyatakakan bahwa ia adalah hamba dan anak dari raja Asyur. Dengan itu ia meminta raja Asyur melindunginya dari serangan raja Aram dan Israel. Ahas mengandalkan Asyur untuk menolongnya bahkan ia berani mempergunakan emas perbendaharaan bait suci yang seharusnya milik Tuhan dipakai untuk menyogok Asyur. Bahkan ketika ia pergi ke Damsyik ia melihat mezbah yang indah, ia meng-copy paste mezbah itu. Kemudian raja menyuruh imam Uria untuk membuat mezbah tersebut di Yehuda. Uria melakukan tepat seperti yang disuruhkan raja. Ahas bukanlah imam, tetapi ia bertindak untuk membakar korban persembahan di mezbah indah itu bahkan mezbah tembaga bait Allah dipindahkannya. Ahas juga mengubah beberapa bagian dari bait Allah demi raja Asyur. Jadi, Ahas dalam hidupnya berusaha untuk menggantikan Tuhan dengan berhala, raja Asyur bahkan dirinya sendiri.

Jangan gantikan TUHAN dengan apapun dalam dunia ini, sebab IA lebih berharga dari dunia ini.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 16:14 "Tetapi ia menyuruh menggeser mezbah tembaga yang ada di hadapan TUHAN dari depan rumah TUHAN, dari antara mezbah baru dengan rumah itu, dan menaruhnya di sebelah utara mezbah baru itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT