Devotion 691 : REFORMATOR

Devotion 691 - DR. Heintje Kobstan
REFORMATOR
Bacaan: 2 Raja-raja 23

Yosia mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem dan bersama-sama seluruh rakyat, para imam, para nabi, seluruh orang awam pergi ke rumah Tuhan. Di rumah Tuhan dibacakanlah seluruh kitab perjanjian yang ditemukan di rumah Tuhan. Semua lapisan masyarakat harus ikut mendengar kitab perjanjian ini karena Yosia ingin mengadakan perjanjian untuk hidup mengikuti seluruh ketetapan Tuhan di hadapan Tuhan. Perjanjian ini bukan hanya antara Yosia dan Tuhan tetapi untuk seluruh Yehuda dan Yerusalem. Yosia mewakili mereka di hadapan Tuhan dan seluruh rakyat mendukungnya.

Jadi reformasi yang diadakan Yosia dimulai dari rumah Tuhan, lalu keluar yaitu dengan menghancurkan serta menajiskan seluruh bukit-bukit pengorbanan, tiang-tiang dan tugu berhala, ia juga memberhentikan para imam dewa asing. Bahkan ia menyembelih diatas mezbah-mezbah itu semua imam-imam kemudian dibakarnyalah tulang-tulang itu lalu ia pulang ke Yerusalem. Yosia juga memberikan perintah untuk mengadakan Paskah seperti yang tertulis dalam kitab perjanjian itu. Paskah telah lama tidak dilakukan sejak jaman hakim-hakim dan para raja-raja Israel dan Yehuda. Paskah diadakan kembali mulai tahun ke-16 pemerintahan raja Yosia. Ia melakukan apa yang benar dan berkenan dihadapan Tuhan dan Alkitab mencatat tidak ada raja yang melakukan hal yang sama seperti Yosia. Akan tetapi apa yang dilakukan oleh Yosua tidaklah diikuti oleh anak-anaknya. Baik Yoahas maupun Yoyakhim anak-anaknya melakukan kejahatan dihadapan Tuhan. Ikatan perjanjian yang dibuat Yosia dihadapan Tuhan merupakan titik balik Yehuda untuk kembali menyembah Tuhan dan menyingkirkan segala bentuk penyembahan kepada berhala. Dengan perjanjian itu, Yosia mereformasi tatanan kehidupan masyarakat. Bagaimanakah dengan kehidupan kita? Apakah kita tetap memegang teguh perjanjian Tuhan sehingga kita bisa menjadi reformator untuk menegakkan kerajaan Allah dimuka bumi?

Ketika hidup kita berpegang teguh pada perjanjian Tuhan maka kita akan menjadi reformator untuk menegakkan Kerajaan Allah dimuka bumi.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 23:23 "Tetapi barulah dalam tahun kedelapan belas zaman raja Yosia Paskah ini dirayakan bagi TUHAN di Yerusalem."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT