Devotion 690 : ANUGERAH TUHAN TERSEDIA JIKA BERTOBAT

Devotion 690 - DR. Heintje Kobstan
ANUGERAH TUHAN TERSEDIA JIKA BERTOBAT
Bacaan: 2 Raja-raja 22

Apa yang terjadi pada diri Manasye tidak dapat diibaratkan "like father like Son" atau "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". Karena apa yang diperbuat oleh Manasye sangat bertolak belakang dengan Hizkia. Bisa saja dikatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, tetapi bisa juga jatuh ditanah miring, menggelinding lalu jatuh disungai dan dibawa pergi oleh air entah kemana. Setelah Manasye dan Amon, maka Yosia menjadi raja menggantikan Amon ayahnya. Yosia tidak hidup seperti ayahnya Amon yang melakukan kejahatan dimata Tuhan. Walau ia menjadi raja di usia 8 tahun tetapi ia melakukan apa yang benar dimata Tuhan dan hidup seperti Daud bapa leluhurnya dengan tidak menyimpang kekiri atau kekanan.

Yosia mulai memperbaharui kembali Bait Suci dengan uang persembahan yang dikumpulkan oleh para imam. Ketika renovasi dilakukan, imam Hilkia menemukan kitab Taurat dan meyerahkannya kepada Safan, panitera raja dan Safan membacakannya dihadapan raja. Segera sesudah raja mendengar perkataan kitab Taurat tersebut, ia mengoyakkan bajunya tanda merendahkan diri dan rasa bersalah pada Tuhan. Ia menyuruh imam Hilkia, Akhbor, Safan, Ahikam, dan Asaya untuk pergi mencari petunjuk Tuhan kepada nabi Hulda. Tuhan akan mendatangkan malapetaka atas Yehuda karena segala peebuatan jahat mereka tetapi Tuhan akan mengumpulkan Yosia dengan nenek moyangnya dalam keadaan damai dan Yosia tidak akan melihat atau merasakan malapetaka itu. Yosia memilih untuk tidak mengikuti kelakuan ayahnya dan itu adalah pilihan yang tepat. Bukan hanya memilih, tetapi ia mulai mengadakan pembaharuan atas ruman ibadat. Bahkan ketika datang teguran firman Tuhan, Yosia dengan segera meresponinya dengan pertobatan dan mencari kehendak Tuhan. Apa yang dilakukan oleh Yosia seharusnya menjadi teladan bagi kita. Yehuda harus menerima konsekuensi dari dosa yang mereka tabur. Tetapi jika Yehuda bertobat sungguh-sungguh maka ditengah pendisiplinan Tuhan akan ada kasih anugerah dan berkatNya.

Tuhan menyediakan kasih anugerah dan berkatNya disaat pendisiplinan terjadi jika umatNya sungguh-sungguh bertobat.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 22:15 "Perempuan itu menjawab mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel! Katakanlah kepada orang yang menyuruh kamu kepada-Ku!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT