Devotion 681 : MELETAKKAN DASAR KEBENARAN

Devotion 681 - DR. Heintje Kobstan
MELETAKKAN DASAR KEBENARAN
Bacaan: 2 Raja-raja 13

Yoahas menjadi raja di Israel menggantikan Yehu ayahnya. Yoahas melakukan hal yang jahat di mata Tuhan dan tetap hidup dalam dosa Yerobeam. Jika dilihat kebelakang pada masa Yehu, ternyata Yehu membuka celah untuk dosa Yerobeam tetap bercokol di Israel. Walaupun Yehu mengadakan reformasi keagamaan dengan menghancurkan tugu Baal dan rumah Baal dan bahkan membunuh para nabi Baal tetapi ia tetap membiarkan dan malah hidup dalam dosa Yerobeam. Sehingga apa yang dibiarkan oleh Yehu, akhirnya diikuti oleh Yoahas. Maka Tuhan mengirimkan Aram untuk menekan Israel sehingga Yoahas memohon belas kasihan Tuhan maka Tuhan menolong Israel yaitu mengirimkan seorang penolong.

Yoas diangkat sebagai raja Israel mengantikan Yoahas ayahnya. Ia pun melakukan dosa sama seperti Yoahas, sehingga dalam hal ini berlakulah bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Apa yang dilihat Yoas selama masa hidup ayahnya yaitu tentang dosa Yerobeam akhirnya dilakukan juga pada masanya. Walaupun penyembahan kepada Baal telah dihapuskan tetapi dosa Yerobeam yaitu penyembahan kepada anak lembu emas baik di Bethel maupun di Dan tetap berjalan. Dasar yang salah yang diletakkan oleh ayah, dilanjutkan oleh anak dan cucu. Raja Israel sebelumnya yaitu Yerobeam telah meletakkan dasar yang salah dalam bidang kerohanian yaitu mengijinkan penyembahan kepada lembu emas. Hal ini dimaksudkan untuk menghalangi orang Israel atau Kerajaan Utara pergi beribadah ke Yerusalem di Kerajaan Yehuda. Namun akhirnya dosa itu telah mengakar kedalam kehidupan masyarakat Israel. Kesalahan yang terjadi di masa lalu jika tidak diselesaikan sungguh-sungguh dalam Kristus maka itu akan menjadi dasar bagi kita untuk berlaku pada hari ini. Karena itu, letakkanlah dasar kebenaran hari ini maka generasi selanjutnya akan hidup olehnya.

Dasar kebenaran yang diletakkan hari ini akan berdampak pada generasi-generasi selanjutnya.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 13:11 "Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuruh Yerobeam bin Nebat dilakukan orang Israel, tetapi terus hidup dalam dosa itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT