Devotion 666 : KESEMPATAN UNTUK BERTOBAT

Devotion 666 - Dr. Heintje Kobstan
KESEMPATAN UNTUK BERTOBAT
Bacaan: 1 Raja-raja 20

Ahab, raja Israel yang menyembah berhala ditolong Tuhan dari serangan Benhadad. Seharusnya seperti kepada raja-raja yang lain, Ahab pun harus dimusnahkan. Disinilah letak kasih anugerah Tuhan dimana kasihNya kepada umatNya tak dapat dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal ini juga menunjukkan kedaulatan Tuhan, Ia pun bebas melepakan atau menghancurkan suatu bangsa. Tuhan bukan hanya menolong Ahab tetapi seluruh Israel. Walau sebenarnya Ahab hampir melakukan apa yang diminta Benhadad tetapi namun karena desakan para penatua Kota maka ia tidak jadi mengabulkan permintaan itu.

Apakah yang mendasari Tuhan untuk menolong Ahab dan Israel? Melihat peristiwa Elia yang membunuh 450 nabi Baal sehingga telah membuat orang Israel berbalik dari jalan-jalan mereka yang jahat untuk kemudian menyembahNya. Tuhan juga menyatakan kepada Elia bahwa Ia masih memelihara 7000 yang belum pernah menyembah Baal dan Asytoret. Sehingga jika Tuhan menghukum Israel maka mereka pun tidak akan terluput. Hal ini berarti bahwa masih banyak orang yang setia pada Tuhan dan tidak mengontaminasi hidup mereka pada penyembahan berhala. Namun lebih dari itu, Tuhan masih memberikan kesempatan kepada Ahab untuk bertobat dengan menunjukkan kedahsyatan dan keajaiban pribadiNya. Sehingga ketika Benhadad menyerang Israel, maka kedua serangan itu dipatahkan oleh Israel karena ada nabi Tuhan yang menyatakan strategi kemenangan pada Ahab. Tetapi Ahab pada akhirnya melepaskan Benhadad sehingga menimbulkan murka Tuhan.

Tuhan bisa pakai seorang bebal untuk menyatakan kasih setiaNya pada suatu bangsa namun Ia juga menantikan orang bebal itu bertobat.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Raja-raja 20:42 "Kata nabi itu kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Oleh karena engkau telah membiarkan lolos orang yang dikhususkan bagi-Ku untuk ditumpas, maka nyawamu adalah ganti nyawanya dan rakyatmu ganti rakyatnya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT