Devotion 685 : LAMA-LAMA JADI BUKIT

Devotion 685 - DR. Heintje Kobstan
LAMA-LAMA JADI BUKIT
Bacaan: 2 Raja-raja 17

Ada pepatah, "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit". Kejahatan Israel dihadapan Tuhan, sedikit demi sedikit ditampung di cawan murka Tuhan. Raja demi raja melakukan hal yang jahat selama 210 tahun. Akhirnya pada jaman raja Hosea kerajaan Israel pun runtuh. Saat itu negara Asyur sedang berkabung dengan meninggalnya raja Tiglat-Pileser III pada tahun 727 sM. Kematian seorang penguasa dapat disamakan sebagai sebuah kesempatan bagi negara-negara taklukan untuk memberontak. Ini adalah kesempatan Israel terbebas dari Asyur tetapi juga jalan penghukuman bagi Israel. Israel pun berkomplot dengan So, raja Mesir dan tidak membayar upeti kepada Asyur. Sehingga Salmaneser, raja Asyur mengepung Samaria selama 3 tahun dan menawan Hosea dan rakyat Israel ke Asyur. Dan Asyur mengangkut orang dari Babel, Kuta, Awa, Hamat dan Sefarwaim untuk menempati kota-kota Samaria menggantikan orang Israel.

Apakah yang menyebabkan hukuman ini terjadi? Dosa merekalah yang menyebabkan murka Tuhan terjadi. Tuhan telah memberi peringatan kepada mereka agar jangan menyembah berhala, jangan hidup menurut adat istiadat kebiasaan bangsa-bangsa yang telah dihalau Tuhan dari depan Israel, jangan mendirikan bukit-bukit pengorbanan, tugu-tugu berhala, tiang-tiang berhala, tetapi mereka tetap melakukannya. Bahkan mereka mempersembahkan anak-anak mereka kedalam api sebagai korban, melakukan tenung dan telaah dan memperbudak diri sehingga menimbulkan sakit hati Tuhan. Berulang kali firman Tuhan disampaikan oleh para nabi kepada Israel dan Yehuda tetapi mereka tegar tengkuk, menolak dan tidak menaatiNya. Ini adalah pelajaran bagi umat Tuhan, lakukanlah semua kejahatan sesuka hati kita. Mungkin hari ini hukuman itu belum tiba, tapi jika dosamu semakin hari semakin menumpuk maka pada saatnya murka Tuhan akan datang padamu. Karena itu sebelum murka Tuhan dinyatakan, berbaliklah dari jalan-jalanmu yang jahat, bertobatlah serta beribadahlah pada Tuhan dengan sungguh-sungguh maka kasih anugerahNya akan dinyatakan padamu.

Bertobatlah dari segala dosa-dosamu sebelum murka Tuhan dinyatakan dalam hidupmu.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 17:18 "Sebab itu TUHAN sangat murka kepada Israel, dan menjauhkan mereka dari hadapan-Nya; tidak ada yang tinggal kecuali suku Yehuda saja."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT