Devotion 679 : BERPROSES DALAM WAKTU TUHAN

Devotion 679 - DR. Heintje Kobstan
BERPROSES DALAM WAKTU TUHAN
Bacaan: 2 Raja-raja 11

Atalya, ibu Ahazia raja Yehuda menjadi raja menggantikan Ahazia yang dibunuh oleh Yehu. Demi mengokohkan tahta kerajaannya, maka ia membunuh semua anak raja. Atalya cucu Omri ternyata haus kekuasaan, seharusnya ia bisa menunjuk anaknya yang lain untuk menjadi raja. Akan tetapi Yoseba, anak perempuan raja Yoram saudara Ahazia mengambil Yoas dan menyembunyikannya di Bait Allah sehingga terluput dalam pembunuhan itu. Adapun umur Yoas kala itu sekitar 1 tahunan. Yoseba adalah istri dari imam Yoyada, sehingga Yoas bisa disembunyikan di Bait Allah. Selama 7 tahun mereka berdua melindungi Yoas dari kekejaman Atalya dan mempersiapkannya untuk menjadi raja atas Yehuda.

Pada tahun ketujuh setelah Yoas berumur 7 tahun maka Yoyada menyiapkan strategi dengan mengikat perjanjian dengan para kepala pasukan seratus dari orang Kari dan pasukan bentara penunggu di Bait Allah, untuk menggulingkan Atalya dan menjadikan Yoas sebagai raja. Pada waktu yang tepat, mereka menobatkan Yoas sebagai raja dan mengurapinya sambil berteriak hidup raja. Ketika Atalya mendengar hal ini dan pergi melihat yang terjadi, maka ia melihat raja berdiri dekat tiang menurut kebiasaan sedang para pemimpin dan pemegang nafiri ada dekat raja. Walaupun Atalya berteriak khianat tetapi dengan segera ia ditangkap dan dibawa keluar dari Bait Allah serta dibunuh di istana raja dekat pintu bagi kuda. Selama 6 tahun Atalya menjadi raja, kerajaan Yehuda menyembah Baal. Tetapi Tuhan memakai Yoseba dan Yoyada untuk mengadakan perubahan dan pembaharuan melalui Yoas. Ketika Yoas menjadi raja, maka terjadi pembaharuan dalam bidang politik dan juga rohani. Pemujaan kepada Baal dihapus dan Yoyada mengikat perjanjian antara TUHAN dengan raja dan rakyat, bahwa mereka menjadi umat TUHAN dan hanya menyembah padaNya saja. Dan juga terjadi ikatan perjanjian antara raja dan rakyat. Tuhan tak pernah terlambat untuk bertindak. Yoas harus menunggu selama 6 tahun untuk menjadi raja. Dan Yoyada menggunakan waktu 6 tahun itu untuk mempersiapkan generasi yang takut akan Tuhan. Yoyada, Yoseba dan Yoas membutuhkan ketekunan dan kesetiaan untuk bisa berproses dalam waktu Tuhan.

Tak ada cara yang instan dalam membangun generasi yang takut akan Tuhan karena semua itu berproses dalam waktu Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 11:17 "Kemudian Yoyada mengikat perjanjian antara TUHAN dengan raja dan rakyat, bahwa mereka menjadi umat TUHAN; juga antara raja dengan rakyat."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT