Devotion 675 : TUHAN YANG PEGANG KENDALI

Devotion 675 - DR. Heintje Kobstan
TUHAN YANG PEGANG KENDALI
Bacaan: 2 Raja-raja 7

Bencana kelaparan terjadi di Samaria. Bencana ini diakibatkan oleh pengepungan Samaria oleh raja Aram, Benhadad dengan seluruh pasukannya. Kelaparan ini sudah sampai pada tahap hilangnya naluri kemanusiaan, yaitu mengorbankan anak untuk dimakan. Dan juga makanan yang tak lazim seperti kepala keledai dijual 80 syikal perak dan tahi merpati yang dijual seperempat kab 5 syikal perak. Tahi merpati yang dimaksudkan adalah gandum yang berbulir kecil. Orang Arab menyebut suatu tanaman (herba alcoli) sebagai "tahi merpati." Bahkan raja pun mengangkat tangan tidak dapat menyelesaikan persoalan ini kecuali Tuhan sendiri. Dan raja melimpahkan kesalahan ini pada Elisa, dan mengancam akan membunuhnya.

Raja bukan hanya menyalahkan Elisa, tetapi sekarang ia malah menyalahkan Tuhan dengan berkata bahwa malapetaka ini datang dari Tuhan jadi mengapa aku berharap padaNya? Tetapi Elisa menjawab bahwa besok akan terjadi mujizat Tuhan, sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal juga dipintu gerbang. Tetapi perwira ajudan raja yang tidak percaya pada apa yang dikatakan Elisa. Elisa mengatakan padanya bahwa ia hanya akan melihatnya tetapi tidak menikmatinya. Untuk menggenapi maksudNya maka Tuhan dapat memakai siapa saja. Kali ini Tuhan memakai 4 orang kusta yang ada diluar pintu gerbang. Karena didera kelaparan maka mereka pun mengambil keputusan untuk pergi ke perkemahan tentara Aram dengan resiko kematian. Tetapi langkah kaki mereka dibuat Tuhan seperti langkah kaki pasukan yang sangat besar sehingga tentara Aram lari ketakutan dengan meninggalkan peralatan perang dan persediaan makanan yang banyak. 4 orang kusta ini tidak membiarkan kabar baik ini tertahan pada mereka, tetapi menyampaikan ke dalam kota. Maka firman Tuhan yang dikatakan Elisa tergenapi. Hal ini membuktikan bahwa dalam situasi yang sesulit apapun, Tuhan sanggup mengubahnya menjadi kebaikan untuk menyatakan bahwa Ia yang pegang kendali atas kehidupan manusia.

Tuhan yang pegang kendali atas kehidupan manusia sehingga hal yang sulit dapat diubahNya menjadi kebaikan bagi yang percaya.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 7:18 "Dan terjadi juga seperti yang dikatakan abdi Allah itu kepada raja: "Dua sukat jelai akan berharga sesyikal dan sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal, besok kira-kira waktu ini di pintu gerbang Samaria."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT