Devotion 678 : MELAYANI DENGAN MOTIVASI PRIBADI

Devotion 678 - DR. Heintje Kobstan
MELAYANI DENGAN MOTIVASI PRIBADI
Bacaan: 2 Raja-raja 10

Yehu mulai melakukan pembersihan seluruh keturunan Ahab dan semua yang berkaitan dengan keluarga Ahab. Bahkan ia juga mengumpulkan seluruh nabi-nabi Baal dengan alasan akan mengadakan upacara pengorbanan yang besar lalu kemudian membunuh mereka. Yehu menggenapi apa yang di firmankan Tuhan terhadap keluarga Ahab. Dan karena apa yang dilakukan oleh Yehu, maka Tuhan berjanji bahwa sampai keturunannya yang keempat akan tetap ada di takhta Israel. Setiap yang kita lakukan bagi Tuhan, akan ada balasannya karena Tuhan tidak pernah mau berhutang dan Ia terikat pada janjiNya.

Namun Yehu hanya melakukan pekerjaan pelayanan semata karena hatinya tidak terpaut pada Tuhan. Ia memang menjauhkan penyembahan kepada Baal tetapi ia tak menjauhkan dosa Yerobeam yaitu penyembahan kepada patung lembu emas. Ia menyebabkan orang Israel turut dalam dosa Yerobeam. Penyembahan berhala kepada Baal sudah dilakukan sejak lama oleh keluarga Ahab. Jadi untuk menghapus kenangan pada pemerintahan keluarga Ahab maka perlu menghancurkan penyembahan Baal. Apa yang dilakukan Yehu adalah memakai rencana Tuhan untuk tujuan pribadi. Motivasinya adalah untuk mendirikan dinasty sendiri. Ia mulai menggalakkan penyembahan kepada lembu emas Yerobeam. Ketidaktaatan Yehu mengakibatkan takhta Israel berhenti pada keturunan keempat dan daerah kekuasaannya juga semakin berkurang. Karena itu, jangan ada motivasi atau agenda pribadi lain ketika kita melakukan kehendak Tuhan atau melayani Tuhan. Lakukan semua itu dalam ketaatan karena Tuhan akan menghargai ketaatan kita.

Jangan ijinkan motivasi pribadi mempengaruhi kemurnian pelayanan kita kepada Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 10:31 "Tetapi Yehu tidak tetap hidup menurut hukum TUHAN, Allah Israel, dengan segenap hatinya; ia tidak menjauh dari dosa-dosa Yerobeam yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT