Devotion 677 : DALAM WAKTU TUHAN

Devotion 677 - DR. Heintje Kobstan
DALAM WAKTU TUHAN
Bacaan: 2 Raja-raja 9

Yoram, anak Yosafat menjadi raja di Yehuda menggantikan ayahnya. Yoram mengambil anak Ahab menjadi istrinya sehingga ia melakukan apa yang jahat dimata Tuhan. Ahazia anak Yoram, raja Yehuda menjadi raja menggantikan ayahnya. Ibunya, Atalya adalah cucu Omri raja Israel. Ahazia melakukan apa yang jahat dimata Tuhan seperti Ahab. Atalya mewariskan hal-hal yang buruk yaitu dosa-dosa Ahab kepada Ahazia. Yoram tidak berfungsi sebagaimana mestinya baik sebagai kepala keluarga, suami, ayah maupun sebagai raja. Sehingga kejahatan dan dosa-dosa Ahab menguasai hidupnya dan menurun kepada generasi selanjutnya. Sekalipun demikian Tuhan tidak menghukum Yehuda karena Daud dan karena janjiNya bahwa keturunan Daud akan tetap menjadi raja.

Elisa menyuruh seorang nabi muda untuk pergi mengurapi Yehu bin Yosafat bin Nimsi untuk menjadi raja Israel. Akan tetapi resiko yang diembannya sangat berat maka Elisa menyuruhnya untuk segera berlari meninggalkan Yehu setelah melaksanakan tugasnya. Ketika Yehu diurapi dan diberi pesan bahwa dialah yang akan membunuh keluarga Ahab termasuk Izebel dan Yoram. Yoram yang saat itu menderita luka yang ia dapatkan dalam pertempuran melawan Hazael raja Aram. Maka seperti perintah Tuhan maka ia pun memusnahkan keluarga Ahab baik Yoram maupun Izebel dan juga Ahazia raja Yehuda. Yehu dipakai Tuhan untuk menjadi pelaksana murka Allah bagi keluarga Ahab yang telah membunuh banyak nabi-nabi Tuhan. Hal ini dikarenakan penyembahan berhala sudah sangat mengancam kehidupan orang Israel baik sebagai individu maupun bangsa sehingga keluarga Ahab harus dimusnahkan. Nubuatan firman Tuhan digenapi oleh Yehu, ini membuktikan bahwa Tuhan tidak pernah ingkar janji walaupun penggenapan itu terasa lama tetapi apa yang dilakukan Tuhan tepat pada waktunya dan semua dalam waktuNya.

Penggenapan janji Tuhan seolah-olah terlambat bagi kita tetapi waktu Tuhan bukan waktu kita karena Tuhan bekerja dalam waktuNya.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Raja-raja 9:37 "maka mayat Izebel akan terhampar di kebun di luar Yizreel seperti pupuk di ladang, sehingga tidak ada orang yang dapat berkata: Inilah Izebel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT