Devotion 694 : UMAT YANG ISTIMEWA

Devotion 694 - DR. Heintje Kobstan
UMAT YANG ISTIMEWA
Bacaan: 1 Tawarikh 1

Awal dari kitab ini adalah mengisahkan tentang sejarah perkembangan umat manusia. Perkembangan ini didasari dari sudut pandang kitab Kejadian, yang perkembangannya dimulai dari Adam dan menelusuri jejak keturunannya sampai kepada Abraham, Esau dan Yakub. Hal ini dikarenakan jejak perkembangan ini untuk mendefinisikan kedudukan bangsa pilihan Tuhan dalam sejarah dunia. Semua keturunan yang ada hubungannya dengan sejarah Israel akan dibahas secara terinci tetapi yang tidak hanya sambil lalu atau tidak sama sekali.

Kitab Tawarikh ini ingin menghubungkan kembali antara para buangan dengan nenek moyang mereka untuk menolong mereka kembali menelusuri jejak asal-usul dan warisan mereka. Melalui daftar sejarah perkembangan umat manusia ini, akan memperlihatkan bagaimana Tuhan memilih dan memelihara umat pilihanNya sehingga menjadi suatu bangsa yang besar. Sehingga hal ini juga akan menguatkan bangsa Israel yang telah kembali dari pembuangan. Ketika mereka melihat silsilah yang dituliskan penulis kitab Tawarikh ini maka timbul kesadaran bahwa mereka ada bangsa yang istimewa karena merupakan umat pilihan Tuhan. Tidak ada satupun bangsa didunia ini yang mempunyai silsilah perkembangan yang jelas seperti Israel. Keistimewaan ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan mentalitas Israel sebagai suatu bangsa. Sehingga ketika mereka kembali dari pembuangan dan mendapati tanah perjanjian yang mereka diami porak poranda, maka akan ada semangat yang kuat untuk membangun kembali Israel sebagai suatu bangsa yang besar. Demikian kita yang percaya kepada Kristus juga mempunyai jaminan keistimewaan seperti Israel, karena kita adalah Israel rohani. Bahwa kita telah dipanggil, dipilih dan ditetapkan untuk menjadi umat pilihanNya karena Kristus. Dan kita pun yang telah kembali dari pembuangan karena dosa akan tetap hidup terpelihara dan dengan kesadaran bahwa saya umat Tuhan yang istimewa ini akan memberikan dampak untuk membangun kehidupan rohani yang kuat dan berproses menuju pada kesempurnaan Kristus.

Tuhan telah memanggil, memilih dan menetapkan kita dalam Kristus untuk menjadi umat yang istimewa yang terus berproses menuju pada kesempurnaan Kristus.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Tawarikh 1:1 "Adam, Set, Enos,"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT