Devotion 605 : LANGKAH IMAN PENENTU KEMENANGAN

Devotion 605 - Dr. Heintje Kobstan
LANGKAH IMAN PENENTU KEMENANGAN
Bacaan: 1 Samuel 14

Sikap hati Saul berbeda dengan sikap hati Yonatan, anaknya. Saul mengijinkan ketakutan menguasainya sehingga ia bertindak melawan ketetapan Tuhan. Tetapi Yonatan, tidak mengijinkan ketakutan melandanya malah dengan berani ia melangkah ke kemah orang Filistin bersama bujangnya. Berkatalah Yonatan kepada bujang pembawa senjatanya itu: "...Mungkin TUHAN akan bertindak untuk kita, sebab bagi TUHAN tidak sukar untuk menolong, baik dengan banyak orang maupun dengan sedikit orang." Dan bujangnya pun ikut bersepakat dengan Yonatan.

Sebelum berperang, Yonatan meminta tanda pada Tuhan jika Tuhan memang menyerahkan pasukan Filistin dalam tangan mereka. Ternyata Tuhan menghendaki Yonatan mengalahkan musuhnya. Yonatan hanya mengalahkan 20 orang pasukan Filistin, tetapi kekalahan itu didengar orang Filistin dan menimbulkan kegentaran dari Tuhan ditengah mereka. Musuh-musuhnya saling membunuh dan terjadi huru hara yang besar ditengah mereka. Langkah iman Yonatan yang bersepakat dengan bujangnya telah mendatangkan kekalahan bagi orang Filistin. Ia juga tahu bahwa kemenangan bukan diraih karena besarnya jumlah pasukan, peralatan tempur yang canggih, strategi tetapi pada Tuhan. Yonatan sadar bahwa penyertaan Tuhanlah yang menjadi penentu kemenangan. Jika saat ini Anda dilanda masalah, belajarlah seperti Yonatan. Ia bersepakat dengan bujangnya dan mulai mengambil langkah iman dan memohon penyertaan Tuhan sehingga ia berhasil mengalahkan 20 musuh. Musuh yang dikalahkannya memang sedikit, tetapi yang sedikit itu telah menyebabkan kekalahan yang besar di pihak Filistin.

Kemenangan besar dimulai dari kemenangan kecil yang dikerjakan oleh langkah iman dalam penyertaan Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Samuel 14:10 "tetapi apabila kata mereka begini: Naiklah ke mari, maka kita akan naik, sebab kalau demikian TUHAN telah menyerahkan mereka ke dalam tangan kita. Itulah tandanya bagi kita."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT