Devotion 589 : ADAKAH SESUATU YANG KEBETULAN?

Devotion 589 - Dr. Heintje Kobstan
ADAKAH SESUATU YANG KEBETULAN?
Bacaan: Rut 2

Naomi akhirnya memilih untuk kembali ke tanah Israel, Rut yang merupakan menantunya pun memilih untuk mengikutinya dan mempercayai Tuhannya Naomi. Mungkin dalam kisah ini kita berpikir Elimelekh telah mengambil pilihan yang salah. Ketika Naomi pergi ke Moab, mereka pergi dengan tangan penuh tetapi kemudian dengan tangan kosong Tuhan memulangkannya. Walaupun semua telah habis, Tuhan tetap menyertai Naomi dan Rut, bahwa Tuhan telah memulangkannya ke tanah Israel adalah bukti pemeliharaanNya.

Dalam kehidupan ini, seringkali kita menganggap akan adanya suatu kebetulan. Manusia bisa beranggapan bahwa adalah kebetulan ketika Naomi dan Rut pulang, kebetulan ketika Rut memutuskan untuk pergi memungut jelai di ladang orang, dan kebetulan ia pergi ke ladang Boas dan bertemu Boas. Sadarkah kita bahwa tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini? Jika yang ada itu karena faktor kebetulan, berarti tidak ada Tuhan yang Mahakuasa yang sanggup mengatur hidup ini. Kenyataannya Tuhan telah menulis hari-hari hidup kita, bahwa Dia telah mengatur segala sesuatu namun kita diberi hak untuk memilih jalan hidup ini.  Dari Rut memunggut jelai di ladang Boas, Boas bertemu dengan Rut, Rut diajak makan oleh Boas dan semua yang terjadi dalam hidup Rut bukanlah perkara yang kebetulan. Tetapi Tuhan sudah mengatur begitu rupa karena ternyata Boas adalah kaum kerabat kedua terdekat yang bisa menebus hidup Naomi dan Rut. Berjalanlah dalam kehendakNya karena Tuhan telah merancangkan masa depan yang cerah buat umatNya dan kita sedang menuju kesana.

Tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini, jika kita mempercayaiNya dan berjalan mengikuti kehendakNya maka Dia akan membawa kita pada masa depan yang cerah.

#passionateheintje.blogspot.com
Rut 2:3 "Pergilah ia, lalu sampai di ladang dan memungut jelai di belakang penyabit-penyabit; kebetulan ia berada di tanah milik Boas, yang berasal dari kaum Elimelekh."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT