Devotion 585 : SIAPAKAH PEMIMPIN HIDUPMU?

Devotion 585 - Dr. Heintje Kobstan
SIAPAKAH PEMIMPIN HIDUPMU?
Bacaan: Hakim-hakim 19

Ketiadaan pemimpin di Israel telah menimbulkan berbagai gejolak yang menimbulkan kekacauan. Kekacauan itu bisa terjadi dalam masalah spiritual maupun moralitas. Orang cenderung mencari jalannya, kebenarannya bahkan tuhannya sendiri. Mereka berbuat menurut kehendak hatinya bahkan juga mengadakan persekutuan yang merugikan kaumnya. Seperti yang terjadi pada peristiwa di Gibea yang dikisahkan pada pasal ini.

Seorang gundik lari dari rumah tuannya, seorang lewi yang tinggal di balik pegunungan Efraim. Gundik itu telah berlaku serong terhadap tuannya dan kembali kerumah ayahnya di Betlehem-Yehuda. Kemudian si tuan pergi menjemput gundiknya dan membawa pulang. Ketika mereka tiba di Gibea dan bermalam di rumah seorang tua disana maka datanglah segerombolan orang dursila. Mereka mengepung rumah itu dan menggedor-gedor meminta tamu itu keluar supaya mereka pakai. Tuan rumah menawari anaknya tetapi mereka tidak mau, dan kemudian si orang Lewi menyerahkan gundiknya kepada mereka. Semalaman mereka mempermainkannya dan ketika pagi, si Lewi menemukannya di depan pintu rumah sudah menjadi mayat. Maka dibawalah pulang mayat gundiknya dan kemudian mayatnya dimutilasi lalu disebarkan ke seluruh suku Israel. Apa yang terjadi di Gibea merupakan gambaran akan akibat ketiadaan seorang pemimpin, demikian juga jika hidup kita tidak dipimpin oleh Kristus maka akan timbul berbagai kekacauan. Bahkan seorang Lewi yang notabene suku yang dikhususkan Tuhan pun bisa berlaku demikian terhadap gundiknya. Biarlah Kristus menjadi Pemimpin hidup ini agar kita terus dibawa dalam kebenaran.

Jadikan Kristus sebagai Pemimpin hidup ini yang akan membawa kita berjalan dalam kebenaran.

#passionateheintje.blogspot.com
Hakim-hakim 19:1 "Terjadilah pada zaman itu, ketika tidak ada raja di Israel, bahwa di balik pegunungan Efraim ada seorang Lewi tinggal sebagai pendatang. Ia mengambil seorang gundik dari Betlehem-Yehuda."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT