Devotion 591 : SETIA PADA PANGGILAN TUHAN

Devotion 591 - Dr. Heintje Kobstan
SETIA PADA PANGGILAN TUHAN
Bacaan: Rut 4

Naomi dan Rut kembali ke kota Betlehem dalam keadaan terpuruk. Namun Rut kemudian bertemu dengan Boas ketika sedang memungut jelai diladangnya. Ternyata Boas adalah salah seorang kerabat yang bisa menjadi penebus bagi mereka. Menurut hukum Taurat, kerabatlah yang bisa menjadi penebus tanah atau ladang milik Elimelekh dan menanggung kehidupan Naomi dan Rut. Tetapi ada hukum lain, yaitu hukum levirat, hukum ini mewajibkan sanak terdekat dari keluarga yang ditinggal mati kepala keluarganya, untuk mengawini jandanya demi meneruskan namanya.

Selain Boas, masih ada kerabat terdekat yang lebih berhak menebus mereka. Karena itu, Boas menunggu di pintu gerbang dengan para tua-tua untuk menjadi saksi penebusan ini. Ternyata, kerabat tersebut tidak mau menebus karena ada hukum levirat didalamnya. Maka Boaslah yang kemudian menebus mereka dan mengawini Rut. Bagi Naomi ini merupakan pemulihan yang Tuhan baginya sehingga milik pusaka keluarga tidak hilang tetapi bagi Rut ini merupakan jawaban dari tindakan imannya. Rut dan Orpa dibawa Tuhan untuk masuk dalam keluarga Naomi dengan menjadi mantunya. Ketika mereka menjadi janda, Rut tetap setia pada panggilannya dan tidak meninggalkan Naomi tetapi ia malah memperkuat kepercayaannya pada Tuhan Allah Israel sedangkan Orpa malah kembali ke rumah orang tuanya. Tuhan menggenapi rencana keselamatan umat manusia lewat Rut dan Boas. Karena itu jangan pernah tinggalkan panggilan Tuhan dalam hidup ini, sebab akan ada kebahagiaan ketika panggilan itu digenapi.

Jangan pernah tinggalkan panggilan Tuhan dalam hidupmu walau hidupmu sedang berada dalam keterpurukan, sebab akan ada kebahagiaan ketika panggilan itu digenapi.

#passionateheintje.blogspot.com
Rut 4:14 "Sebab itu perempuan-perempuan berkata kepada Naomi: "Terpujilah TUHAN, yang telah rela menolong engkau pada hari ini dengan seorang penebus. Termasyhurlah kiranya nama anak itu di Israel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT