Devotion 426 : HUKUM DAN KUALITAS HIDUP

Devotion 426 - Dr. Heintje Kobstan
HUKUM DAN KUALITAS HIDUP
Bacaan: Keluaran 21

Hukum diberikan untuk mengatur kehidupan manusia.

Di gunung Sinai Tuhan memberikan 10 hukum dan juga Kitab Perjanjian kepada bangsa Israel. Berdasarkan isinya, Kitab Perjanjian dapat dikelompokkan menjadi 3 macam hukum: Hukum Perdata dan Pidana, Hukum Peribadatan, dan Hukum Akhlak Kemasyarakatan. Hukum-hukum ini, sebagian besar bersifat sipil, hanya berlaku bagi Israel, agama mereka dan kondisi serta lingkungan pada zaman itu. Namun prinsip atau nilai-nilai kehidupan seperti menghormati hidup dan komitmen kepada keadilan dan kejujuran tetap sah selama-lamanya. Bersamaan dengan semua tambahan hukum pada zaman kemudian, hukum-hukum tersebut menjadi piagam agama Yahudi, seringkali hukum Taurat disamakan dengan hikmat Allah. Hukum-hukum tersebut adalah saksi bagi Israel, artinya: pelanggaran terhadap hukum Taurat akan membatalkan segala janji dan akan mendatangkan kutuk Allah.

Hukum-hukum tersebut diberikan untuk membuat perbedaan dan menyatakan kualitas hidup bangsa Israel dari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Tuhan. Dimulai dari bagaimana orang Israel harus memandang sesamanya manusia sebagai ciptaan Allah yang mulia. Bagaimana seorang tuan harus memperlakukan pekerjanya secara manusiawi yang nantinya juga mendatangkan keuntungan bagi dirinya. Dan juga bagaimana kita harus menghargai kehidupan yang Tuhan berikan, ada 4 kejahatan yang bisa mengakibatkan hukuman Allah: 1. Pembunuhan yang direncanakan, 2. Memukul orang tua, 3. Menculik, dan 4. Mengutuk orang tua. Hukum-hukum ini menunjukkan pentingnya hubungan sesama manusia dan hubungan dalam keluarga.

Semua tindakan dosa berdampak deskruktif secara pribadi maupun sosial. Hukum diberikan untuk mengatur hubungan antar sesama dan dengan Tuhan. Dosa tidak dapat diselesaikan dengan Hukum tetapi hanya melalui pengorbanan Yesus.

#passionateheintje.blogspot.com
Keluaran 21:1 "Inilah peraturan-peraturan yang harus kaubawa ke depan mereka."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT