Devotion 404 : UCAPAN BERKAT YANG MENENTUKAN MASA DEPAN

Devotion 404 - Dr. Heintje Kobstan
UCAPAN BERKAT YANG MENENTUKAN MASA DEPAN
Bacaan: Kejadian 49

Ketika kita mengucapkan berkat, kita sedang menentukan masa depan bagi orang lain.

Yakub memanggil satu per satu anaknya lalu mengucapkan berkat atas mereka. Berkat yang diucapkan Yakub tersebut menyangkut masa depan mereka, dan ada sebagian yang didasari oleh kegiatan masa lalu mereka. Misalnya Ruben, Simeon dan Lewi. Ruben yang menaiki petiduran ayahnya dan berbuat zina telah menjadikannya bukan yang pertama. Simeon dan Lewi, yang telah membunuh Sikhem dan kerabatnya dengan taktik yang keji telah ditolak oleh Yakub. Berkat masa depan yang diucapkan Yakub seperti kepada Yehuda. Ia mendapatkan berkat sebagai pemimpin dan tongkat Kerajaan tak akan beralih daripadanya.

Bagi Yakub, Yusuf adalah orang yang sangat istimewa melebihi saudara-saudaranya. Keistimewaan Yusuf diakibatkan karena ia berespon dengan benar saat menerima mimpi dari Tuhan dan melewati berbagai proses kehidupan sebelum menjadi Mangkubumi di Mesir. Bahkan lewat Efraim, ia melahirkan Yosua si pemimpin Israel dan Samuel sang nabi. Walau anak-anak Yakub ada yang melakukan kesalahan di masa lalu, ia tidak menolak mereka, tetapi ia tetap melepaskan berkat. Setelah mengucapkan berkat buat anak-anaknya, ia berpesan jika ia mati jangan dikuburkan di Mesir tetapi bawalah ia dan kuburkan bersama Abraham dan Ishak di gua Makhpela. Kemauannya untuk dikuburkan di sana adalah karena Yakub berpegang teguh pada janji Tuhan bahwa Kanaan adalah tanah yang dijanjikan Tuhan.

Ketika kita mengucapkan berkat baik untuk anak-anak, keluarga atau siapa saja termasuk buat bangsa dan negara, kita sedang bernubuat buat masa depan mereka. Ucapkanlah berkat bukan kutuk.

#passionateheintje.blogspot.com
Kejadian 49:28 "Itulah semuanya suku Israel, dua belas jumlahnya; dan itulah yang dikatakan ayahnya kepada mereka, ketika ia memberkati mereka; tiap-tiap orang diberkatinya dengan berkat yang diuntukkan kepada mereka masing-masing."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT