Devotion 414 : TERLUPUT KARENA MENDENGARKAN FIRMAN TUHAN

Devotion 414 - Dr. Heintje Kobstan
TERLUPUT KARENA MENDENGARKAN FIRMAN TUHAN
Bacaan: Keluaran 9

Keselamatan dan keluputan akan dialami oleh mereka yang mendengarkan firman Tuhan.

Tulah pertama sampai ketiga dirasakan orang Mesir dan juga Israel. Sejak tulah keempat, hanya orang Mesir saja yang ditimpa tulah. Tuhan membuat perbedaan antara umatNya dan bukan umatNya. Ketika tulah kelima yaitu penyakit sampar pada ternak diberikan maka hanya ternak orang Mesir saja yang mati. Namun Firaun tetap berkeras hati. Tulah keenam yaitu barah menimpa baik kepada manusia maupun binatang di Mesir. Bahkan para ahli sihir pun tak luput dari tulah ini. Tetapi hati Firaun tetap keras tak membiarkan orang Israel pergi beribadah.

Jika manusia biasa yang tertimpa hukuman seperti ini pastilah langsung bertobat. Tetapi Firaun tetap berkeras hati. Tuhan memberikan tulah-tulah itu dengan maksud supaya Firaun yang sombong mengakui bahwa tidak ada yang seperti TUHAN diseluruh muka bumi. Sebenarnya mudah bagi Tuhan untuk mencabut nyawa Firaun, tetapi TUHAN tetap membiarkan dia hidup untuk melihat kekuatanNya dan supaya nama TUHAN dimasyurkan ke seluruh bumi. Saat tulah ketujuh yaitu hujan es mau diberlakukan, Tuhan memberikan peringatan kepada orang Mesir. Jika mereka mendengarkan peringatan untuk membawa segala ternak dan budaknya ditempat yang aman akan tetap hidup, jika tidak akan ditimpa hujan es. Ketika tulah itu terjadi dengan sangat hebat, Firaun menyuruh memanggil Musa untuk menghentikan tulah itu dengan janji akan membiarkan Israel pergi beribadah. Tetapi ketika tulah itu berhenti Firaun tetap berkeras hati tidak mengijinkan mereka pergi.

Penghukuman bisa dipakai Tuhan supaya manusia bertobat dari jalannya yang jahat. Keluputan dari masa sukar akan kita alami jika mendengar dan menaati firman Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Keluaran 9:20 "Maka siapa di antara para pegawai Firaun yang takut kepada firman TUHAN, menyuruh hamba-hambanya serta ternaknya lari ke rumah,"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT