Devotion 411 : AKULAH TUHAN

Devotion 411 - Dr. Heintje Kobstan
AKULAH TUHAN
Bacaan: Keluaran 6

Nama TUHAN adalah jaminan akan penggenapan janjiNya buat umatNya.

Israel mengalami tekanan yang lebih berat dibanding sebelum Musa dan Harun membawa kabar pembebasan. Walaupun Musa komplain kepada Tuhan dan menganggap Tuhan itu kejam tetapi firman Tuhan kepada Musa, "Sekarang engkau akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepada Firaun; sebab dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan membiarkan mereka pergi, ya dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan mengusir mereka dari negerinya." Dalam keputusasaannya, Musa diajar Tuhan untuk lebih mempercayaiNya daripada situasi yang ada.

Ternyata dibalik peristiwa tekanan yang semakin berat itu, Tuhan ingin menyatakan kuasaNya sehingga Israel bahkan Firaun dan Mesir bisa melihat siapa Tuhan Yang Maha Kuasa, yang dikenal sebagai Allah Abraham, Ishak dan Yakub. Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN. Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri." Selama ini, Israel hanya mengenal Dia sebagai Tuhan Yang Maha Kuasa tetapi kali ini Dia akan menyatakan diriNya sebagai TUHAN, seperti yang dinyatakanNya pada Musa, yaitu Dia TUHAN dari umat perjanjian yang mengadakan perjanjian dengan umatNya dan pasti menepatiNya. Selama ini Israel telah mengenal TUHAN tetapi dalam pengalaman, mereka lebih mengenal Dia sebagai "Allah Yang Mahakuasa," nama yang menekankan kuasaNya untuk melaksanakan dan menggenapi apa yang dijanjikanNya. Pengenalan kita akan siapa Tuhan ikut berproses dari waktu ke waktu. Kita akan semakin mengenalNya pada tiap level kehidupan jika kita berjalan bersamaNya.

Pernyataan bahwa "Akulah TUHAN" merupakan jaminan bahwa Dia akan menepati janjiNya bagi umatNya. Jangan takut dan gentar menghadapi semua kesulitan hidup karena TUHAN menyertai kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Keluaran 6:2 "Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT