Devotion 418 : TUHAN MENYERTAI UMAT YANG BERKENAN PADANYA

Devotion 418 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN MENYERTAI UMAT YANG BERKENAN PADANYA
Bacaan: Keluaran 13

Penyertaan Tuhan itu sempurna dalam setiap langkah hidup umatNya.

430 tahun Israel berada di Mesir, dimulai dari 70 orang dan telah berkembang menjadi suatu bangsa. Israel pernah mengalami masa nyaman pada jaman Yusuf tetapi kemudian berakhir dengan perbudakan yang  penuh penderitaan. Setelah 10 tulah menimpa Mesir, maka Israel pun diperbolehkan keluar dari Mesir. Israel sebagai suatu bangsa yang baru, Tuhan meminta agar Israel mengingat karya penebusan-Nya bagi mereka melalui dua hal penting, yaitu pengudusan anak sulung dan merayakan hari raya Roti tidak beragi. Bukan hanya harus merayakan dua hal itu, mereka juga harus mengingat (lambang pada dahi) dan melakukannya (tanda pada tangan) turun temurun. Sehingga anak cucu mereka juga belajar takut akan Tuhan dan menaikkan syukur kepadaNya. Israel menjadi umat yang berkenan padaNya.

Dalam perjalanan ke tanah perjanjian, Tuhan tidak menuntun Israel melewati jalur yang biasa ke negeri Filistin. Tuhan tahu Israel belum siap menghadapi perperangan sehingga Ia membawa Israel berputar melalui jalan padang gurun ke arah laut Teberau sambil bersiap sedia berperang. Israel bisa mempersiapkan diri dipersenjatai dan diperlengkapi untuk berperang. Lewat jalan memutar di padang gurun, TUHAN memproses iman dan membersihkan mereka dari kehidupan Mesir sehingga mereka bisa menerima DIA sebagai Raja. Walaupun Israel berjalan melewati gurun, Tuhan tetap menyertai bahkan disiapkan tiang awan pada waktu siang dan tiang api pada waktu malam.

Walaupun jalan hidup seakan memutar dan melewati padang gurun, tetapi penyertaan Tuhan itu sempurna bagi umat yang hidup berkenan padaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Keluaran 13:21 "TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT