Devotion 401 : TUHAN TAK PERNAH GAGAL

Devotion 401 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN TAK PERNAH GAGAL
Bacaan: Kejadian 46

Tuhan tak pernah gagal dalam segala perbuatanNya.

Yehuda dan saudara-saudaranya kembali kenegeri mereka dan segera memberitahu tentang Yusuf. Awalnya Yakub tidak mempercayainya tetapi ketika dia melihat kereta yang dikirimkan Yusuf untuk menjemputnya maka bangkitlah semangatnya. Kata Yakub: "Cukuplah itu; anakku Yusuf masih hidup; aku mau pergi melihatnya, sebelum aku mati."  Semangat yang pudar kini bangkit kembali demi suatu tujuan, melihat Yusuf. Berapa banyak manusia yang kehilangan pengharapan dan semangat yang pudar karena merasa kehilangan sesuatu? Israel dan seluruh miliknya akhirnya menuju ke Mesir, suatu rombongan yang sangat besar.

Ketika rombongan Israel tiba di Bersyeba, ia mempersembahkan korban kepada Allah Ishak ayahnya. Di tempat ini, Abraham memanggil nama TUHAN di sana (21:33), begitu juga Ishak (26:25), dan di sanalah Yakub menjadikannya sebagai tempatnya beribadah. Pada waktu malam, Tuhan menemui Yakub dan meneguhkan kembali janji tentang keturunannya yang akan menjadi bangsa yang besar. Tuhan juga membesarkan hatinya supaya jangan takut untuk ke Mesir. Jika kita melihat hal ini, mereka yang memelihara persekutuan dengan Allah akan mengetahui bahwa Dia tidak pernah gagal dalam perbuatanNya. Semua yang terjadi pada Abraham, Ishak dan Yakub serta Yusuf membuktikan penyertaan Allah. PenyertaanNya kepada mereka yang bersekutu denganNya sungguh sempurna. Yakub dan keluarganya yang berjumlah 70 orang tiba di Gosyen Mesir. Mereka menetap disana sebagai penggembala.

Mungkin proses hidup seakan menggagalkan rencana Tuhan tapi Tuhan memakai proses demi proses tersebut untuk menuntun kita sampai pada penggenapan rencanaNya. Rencana Tuhan bagi kita pun sungguh sempurna dan pasti tergenapi.

#passionateheintje.blogspot.com
Kejadian 46:27 "Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT