Devotion 424 : TUHAN TELAH MEMILIH UMATNYA

Devotion 424 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN TELAH MEMILIH UMATNYA
Bacaan: Keluaran 19

Allah menuntun Israel ke gunung Sinai untuk diteguhkan menjadi kerajaan imam dan bangsa yang kudus.

Pada bulan ketiga setelah Israel keluar dari tanah Mesir, sampailah mereka di padang gurun Sinai dan mereka berkemah di depan gunung itu. Tuhan hadir di gunung Sinai dan kehadiranNya merupakan suatu pengalaman pertama perjumpaan Israel dengan Tuhannya. Selama ini, Israel hanya melihat mujizat-mujizatNya baik itu berupa tiang awan dan tiang api, laut Teberau yang terbelah sehingga Israel bisa berjalan diantaranya, air yang pahit menjadi manis, Manna dan burung puyuh, air yang keluar dari bukit batu Horeb, bahkan kemenangan atas Amalek.

Musa kemudian naik menghadap Tuhan di gunung Sinai. Tuhan memberikan perjanjianNya kepada Musa untuk disampaikan kepada bangsa Israel. Bahwa Tuhan yang telah mengadakan segala mujizat yang melepaskan Israel dari Mesir dan menuntun mereka sampai ke gunung Sinai. Israel telah menerima hal yang baik dari Tuhan dan Tuhan mau Israel meresponi kasih anugrahNya dengan sungguh-sungguh mendengar firmanNya dan berpegang pada perjanjianNya. Israel diteguhkan Tuhan untuk menjadi kerajaan imam dan bangsa yang kudus, dimana Allah sendiri yang akan memerintah atas umatNya. Disinilah pernyataan Allah bagi Israel sebagai suatu bangsa yang akan menyatakan kemuliaanNya di muka bumi. Allah mengikatkan diriNya kepada umatNya dalam perjanjian Sinai yang bersifat anugerah sekaligus misioner. Karena itu, Israel diminta Tuhan untuk menguduskan diri sebelum bertemu dengan TUHAN.

Tuhan memilih Israel untuk menjadi kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Tuhan juga memilih kita yang sungguh-sungguh mendengar firmanNya dan berpegang teguh pada perjanjianNya untuk menjadi kerajaan imam dan bangsa yang kudus.

#passionateheintje.blogspot.com
Keluaran 19:6 "Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT