Devotion 425 : MENAATI HUKUM DAN PERATURAN

Devotion 425 - Dr. Heintje Kobstan
MENAATI HUKUM DAN PERATURAN
Bacaan: Keluaran 20

Berpeganglah pada hukum maka tenanglah hidupmu.

TUHAN hadir di gunung Sinai disertai dengan guruh, kilat, awan padat dan suara sangkakala sehingga menimbulkan ketakutan bagi bangsa Israel. Bangsa Israel takut bertemu dengan TUHAN. Mereka berkata kepada Musa: "Engkaulah berbicara dengan kami, maka kami akan mendengarkan; tetapi janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati." Israel tidak tahan akan kedahsyatan Tuhan sehingga Musa harus mewakili mereka. Tidak ada orang berdosa yang bisa menghampiri Allah. Israel seharusnya menanggapi kehadiran Allah dengan hidup dalam kekudusan setiap saat. Inilah gambaran akan pengorbanan Yesus yang akan melayakkan kita untuk menghampiri Allah.

Kehadiran TUHAN di gunung Sinai dengan membawa agenda perjumpaan dengan umatNya. Pernyataan kehadiranNya ditengah umatNya adalah untuk memberikan 10 hukum atau Dekalog, yang diperlukan sebagai landasan yang mengatur pola hidup berbangsa dan bernegara. Karena itu, sebagai bangsa yang baru, Tuhan meminta Israel untuk sungguh-sungguh mendengar firmanNya dan berpegang teguh pada perjanjianNya. Dekalog atau Hukum Taurat tidak untuk menyelamatkan tetapi diberikan kepada bangsa yang sudah diselamatkan untuk mengajar mereka tentang kehendak Allah supaya mereka dapat memenuhi maksudNya menjadi suatu "kerajaan imam dan bangsa yang kudus". Apa yang terjadi kepada Israel, tidaklah terlepas dari perjanjian Allah kepada Abraham yang bersifat pribadi dan hanya satu perintah yaitu sunat. Tetapi perjanjian Sinai adalah menyangkut seluruh bangsa yang menerima hukum, Dekalog dan Kitab Perjanjian.

Hukum diperlukan untuk mengatur kehidupan manusia. Menaati dan melakukan hukum akan membawa kepada kebaikan tetapi melanggar hukum akan membawa pada penghukuman. Biarlah kita senantiasa berpegang pada hukum Tuhan dan hidup di dalamnya.

#passionateheintje.blogspot.com
Keluaran 20:1 "Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:..."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT