Devotion 745 : KESELAMATAN GENERASI

Devotion 745 - DR. Heintje Kobstan
KESELAMATAN GENERASI
Bacaan: 2 Tawarikh 23

Segala cara dapat dihalalkan demi mempertahankan kekuasaan. Membunuh pun bisa dilakukan demi kekuasaan. Dan Alkitab memberikan contoh bagaimana kehidupan para raja-raja yang tidak takut akan Tuhan. Termasuk Atalya anak Ahab dan ibu dari Ahazia, ia sangat ambisius terhadap kekuasaan. Ketika Ahazia mati, maka ia pun menyuruh membunuh semua keturunan raja agar supaya mereka tidak menjadi raja dari kaum Yehuda. Tetapi ternyata, Tuhan melalui Yosabat anak perempuan raja Yoram, istri dari imam Yoyada yang menyelamatkan Yoas bin Ahazia dari tengah-tengah anak-anak raja yang hendak dibunuh.

Yoas kemudian tinggal bersama-sama mereka selama 6 tahun. Tetapi dalam tahun ketujuh Yoyada memberanikan diri dan ia mengadakan persepakatan dengan para kepala pasukan seratus, yakni: Azarya bin Yeroham, Ismael bin Yohanan, Azarya bin Obed. Maaseya bin Adaya, dan Elisafat bin Zikhri. Kemudian mereka mengelilingi Yehuda dan mengumpulkan orang-orang Lewi dan mengadakan persepakatan dengan rakyat. Lalu setelah semua siap dan dalam waktu Tuhan maka mereka pun menobatkan Yoas bin Ahazia menjadi raja dan mengurapinya di rumah Tuhan dan seluruh rakyat memekikan teriakan "hidup raja". Maka berhimpunlah seluruh rakyat dan terdengarlah teriakan itu di telinga Atalya. Lalu Atalya datang melihat apa yang sedang terjadi, maka ia pun berteriak "khianat, khianat". Tetapi Yoyada menyuruh menangkapnya dan membawa ke pintu gerbang kuda dan dibunuhlah ia disitu. Atalya ingin menghapus keturunan Daud dari takhtanya dan ingin tetap berkuasa terhadap Yehuda. Namun semua dalam skenario Tuhan, bahwa Tuhan tidak akan menghapuskan takhta Daud dari keturunannya selamanya. Tuhan memakai suami istri Yoyada untuk menyelamatkan generasi Daud selanjutnya. Tuhan juga akan memakai setiap kita yang bersedia dan terpanggil untuk menyelamatkan generasi dari si jahat yang akan menghancurkan dan membunuh mereka.

Keinginan iblis adalah menghancurkan generasi ini tetapi Tuhan memanggil umatNya untuk membawa generasi ini keluar dari kehancuran dan menjadi pemenang.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 23:11 "Sesudah itu Yoyada dan anak-anaknya membawa anak raja itu ke luar, mengenakan jejamang kepadanya dan memberikan hukum Allah kepadanya. Mereka menobatkan dia menjadi raja serta mengurapinya, lalu berserulah rakyat: "Hiduplah raja!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT