Devotion 735 : PENGHARAPAN PADA JANJI TUHAN

Devotion 735 - DR. Heintje Kobstan
PENGHARAPAN PADA JANJI TUHAN
Bacaan: 2 Tawarikh 13

Rehabeam raja Yehuda pun mangkat dan digantikan oleh anaknya, Abia. Dan saat itu adalah tahun ke-18 raja Yerobeam memerintah Israel. Kemudian Abia mengatur barisan perang untuk menghadapi  Yerobeam. Abia pun berdiri di atas gunung Zemaraim, di pegunungan Efraim dan berbicara kepada Yerobeam dan seluruh Israel. Ia mengingatkan kepada Yerobeam dan seluruh Israel bahwa Tuhan telah menetapkan dan memberikan kuasa kerajaan Israel kepada Daud dan keturunannya selama-lamanya dengan kuasa perjanjian garam. Tetapi Yerobeam dan Israel telah memberontak. Walaupun mereka mempunyai jumlah pasukan yang lebih besar dari Yehuda dan menyembah patung lembu emas sebagai allah tetapi tidak akan mengalahkan Yehuda.

Kemudian Abia melanjutkan bahwa Tuhanlah yang menyertai Yehuda dan tidak akan meninggalkan mereka. Yang terjadi kemudian, Yerobeam mengirimkan pasukan untuk mengepung Abia dan pasukannya dari depan dan belakang. Ketika Yehuda melihat mereka terkepung maka berteriaklah mereka kepada Allah sedang para imam meniup nafiri. Saat itu, ketika orang Yehuda memekikkan pekik perang maka Allah memukul kalah Yerobeam dan pasukannya melalui Abia dan Yehuda. Abia dan pasukannya mengalahkan Yerobeam dan membunuh 500 ribu pasukannya serta merebut Betel, Yesana dan Efron beserta anak-anak kota itu. Sejak saat itu, Yerobeam tidak pernah mendapatkan kekuatan untuk mengalahkan Abia dan Tuhan pun memukul dia sehingga ia mati. Terlihat disini Abia mengenal dan memegang janji Tuhan atas Daud dan keturunannya, ia juga sangat mengandalkan Tuhan. Bahkan ketika mereka terjepit mereka berseru kepada Tuhan, dan seruan itu telah membuat Yerobeam dan Israel terpukul kalah karena Tuhan. Untuk menang atas masalah maka setiap kita harus memegang janji Tuhan dan mengandalkanNya.

Peganglah janji Tuhan dan terus berharap padaNya maka disaat menghadapi masalah engkau akan meraih kemenangan.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 13:18 "Demikianlah orang Israel ditundukkan pada waktu itu, sedang orang Yehuda menjadi kokoh, karena mereka mengandalkan diri kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT