Devotion 742 : KETIKA AKU TAKUT

Devotion 742 - DR. Heintje Kobstan
KETIKA AKU TAKUT
Bacaan: 2 Tawarikh 20

Setiap manusia pasti akan mengalami rasa takut. Rasa takut ini bisa diakibatkan oleh berbagai hal. Respon manusia dalam menghadapi ketakutan itulah yang akan menentukan kehidupan selanjutnya. Hal ini dialami oleh Yosafat, ketika ia mendengar bahwa 3 bangsa, yaitu bani Moab, bani Amon dan orang Meunim datang menyerang Yehuda maka ketakutanlah Yosafat. Ketika Yosafat dilanda ketakutan, ia pun berespon positif, yaitu mengambil keputusan untuk mencari Tuhan. Keputusan yang diambil akan menentukan tindakan selanjutnya.

Keputusan Yosafat untuk mencari Tuhan adalah tindakan yang tepat karena melahirkan tindakan berikutnya yaitu mengajak seluruh bangsa untuk berpuasa. Mengapa Yosafat dapat mengambil keputusan yang tepat disaat ketakutan? Karena sejak kecil, Yosafat melihat keteladanan Asa, ayahnya yang takut akan Tuhan. Jadi, Yosafat dididik dalam lingkungan yang takut akan Tuhan bahkan mengenal Tuhan lewat pengajaran Taurat dan pengalaman hidup. Sehingga ketika ia menjadi raja, Alkitab menyatakan bahwa Yosafat mengikuti kehidupan bapak leluhurnya Daud dalam beribadah. Sehingga tidak heran, pada tahun ke-3 pemerintahanNya, ia menyuruh para pembesar, orang Lewi dan imam untuk mengambil kitab Taurat dan mengajarkan Taurat itu dari kota ke kota. Jadi, karena pengenalan yang benar tentang Tuhan akan menghasilkan keputusan yang tepat ketika ketakutan dan tekanan datang melanda. Dan ketika Yosafat dan seluruh rakyat mencari Tuhan ketika dilanda ketakutan, maka Tuhan pun turun tangan berperang gantikan Yehuda dan memberikan kemenangan besar kepada mereka. Karena itu seperti pengalaman Yosafat ketika rasa takut itu datang, segera ambil keputusan untuk mencari Tuhan. Yosafat datang pada alamat yang tepat, yaitu Tuhan! Mencari Tuhan dalam segala permasalahan kehidupan membuktikan bahwa kita mengandalkan Tuhan dalam hidup ini.

Ketika ketakutan datang melanda, bertindaklah segera dengan mendatangi alamat yang tepat, yaitu Yesus Tuhan yang akan meredakan badai ketakutan dalam hidup ini.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 20:3 "Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT