Devotion 739 : DERAJAT SUATU BANGSA

Devotion 739 - DR. Heintje Kobstan
DERAJAT SUATU BANGSA
Bacaan: 2 Tawarikh 17

Kemudian Asa mendapatkan perhentian bersama-sama nenek moyangnya, pada tahun ke-41 masa pemerintahannya. Yosafat, anak Asa menjadi raja atas Yehuda dan Benyamin. Ia lalu melakukan berbagai tindakan untuk memperkokoh kerajaannya dengan menempatkan tentara di semua kota-kota yang berkubu di Yehuda dan pasukan pendudukan di tanah-tanah Yehuda serta di kota-kota Efraim yang direbut Asa, ayahnya. Yosafat disertai Tuhan karena ia hidup mengikuti jejak Daud, leluhurnya, tidak mencari Baal melainkan mencari Allah ayahnya. Ia hidup menuruti perintah Tuhan dan tidak berbuat seperti orang Israel.

Tuhan menjadikan Yosafat sebagai raja yang kaya dan sangat terhormat, karena seluruh Yehuda menyokong pemerintahannya dengan memberikan persembahan padanya. Yosafat hidup dengan tabah hati mengikuti jalan yang ditunjukkan Tuhan, karena ia juga menjauhkan segala bukit pengorbanan dan menghancurkan tiang berhala. Ada hal positif yang dilakukan Yosafat yang tidak dilakukan oleh para raja-raja Israel dan Yehuda, yaitu Yosafat mengutus beberapa pembesarnya, juga beberapa orang lewi dan imam untuk memberikan pelajaran Taurat kepada seluruh rakyat. Mereka mengelilingi seluruh kota di Yehuda dan mengajarkan kepada mereka tentang hukum Tuhan. Bagaimana rakyat dapat mengerti dan memahami tentang hukum Tuhan jika tidak ada yang mengajarkannya? Ini adalah suatu terobosan bahwa firman itu harus dekat dengan kehidupan kita. Taurat itu bukan hanya dibacakan di bait Allah saja tetapi dari kota ke kota mereka membawa kitab Taurat Tuhan dan mengajarkan kepada seluruh rakyat. Maka ketika umat Tuhan mengenal firman dan hidup didalam firman maka ketakutan dari Tuhan melanda kerajaan-kerajaan disekeliling Yehuda sehingga mereka tidak berani melawan Yosafat. Kebenaran Tuhan akan meninggikan derajat bangsa dan hal ini dimulai dari setiap rakyat yang hidup dalam kebenaran firman. Mulai dari pribadi yang hidup dalam kebenaran firman, akan mempengaruhi keluarga, kemudian mempengaruhi lingkungan, kota dan bangsa.

Jika suatu bangsa, baik pemimpin dan seluruh rakyatnya hidup dalam kebenaran Tuhan maka kebenaran itu akan meninggikan derajat bangsa tersebut.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 17:9 "Mereka memberikan pelajaran di Yehuda dengan membawa kitab Taurat TUHAN. Mereka mengelilingi semua kota di Yehuda sambil mengajar rakyat."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT