Devotion 734 : MELUPAKAN TUHAN

Devotion 734 - DR. Heintje Kobstan
MELUPAKAN TUHAN
Bacaan: 2 Tawarikh 12

Pemisahan kerajaan utara dan selatan semuanya dalam kendali Tuhan. Bukan keinginan Salomo atau Rehabeam untuk memisahkan kerajaan itu. Rehabeam juga telah mengumpulkan pasukan untuk memerangi suku-suku yang menolaknya memerintah tetapi Tuhan melarangnya melalui nabi Semaya. Bahwa perpecahan yang terjadi, semuanya dalam kendali Tuhan. Rehabeam mulai memperkokoh kerajaannya dan kekuasaannya. Pasal ini mengajarkan kepada kita, bahwa ketika kerajaan Rehabeam semakin kokoh dan berkuasa, maka ia dan orang Israel meninggalkan hukum Tuhan.

Awalnya Rehabeam menaati Tuhan, tetapi beberapa tahun kemudian (sekitar 3 tahun) mereka mulai berubah setia kepada Tuhan. Sehingga Tuhan mengirim Sisak raja Mesir pada tahun kelima untuk menghukum kerajaan Rehabeam. Nabi Semaya membawa pesan kepada Rehabeam dan orang-orang Yehuda, yaitu: "Beginilah firman TUHAN: Kamu telah meninggalkan Aku, oleh sebab itu Aku pun meninggalkan kamu dalam kuasa Sisak." Tetapi para pemimpin Israel dan raja merendahkan diri dan berkata, "Tuhanlah yang benar!". Tetapi konsekuensi dosa adalah hukuman, Tuhan tetap membiarkan Sisak menghukum Israel. Karena mereka juga telah merendahkan diri maka Tuhan meluputkan hukuman itu tetapi mereka akan menjadi hamba-hamba Sisak supaya mereka tahu membedakan antara mengabdi kepada Tuhan dan kepada kerajaan-kerajaan dunia. Dan terjadilah seperti yang Tuhan katakan, Sisak maju dan mengalahkan Yehuda serta merampas perbendaharaan rumah Tuhan dan perbendaharaan raja. Bahkan perisai-perisai emas yang dibuat Salomo diangkut pula oleh Sisak. Apa yang terjadi pada Rehabeam merupakan pembelajaran bagi orang Israel pasca pembuangan dan bagi kita semua pada hari ini. Agar supaya kita semua jangan dengan begitu mudahnya melupakan hukum Tuhan ataupun berbuat jahat karena tidak tekun mencari Tuhan hanya karena harta, kedudukan, kekuasaan bahkan pasangan hidup.

Ada kecenderungan bahwa harta dan kekuasaan dapat membuat orang melupakan Tuhan dan berbuat kejahatan.

2 Tawarikh 12:1 "Rehabeam beserta seluruh Israel meninggalkan hukum TUHAN, ketika kerajaannya menjadi kokoh dan kekuasaannya menjadi teguh."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT