Devotion 741 : TEGAKKAN HUKUM DAN KEADILAN

Devotion 741 - DR. Heintje Kobstan
TEGAKKAN HUKUM DAN KEADILAN
Bacaan: 2 Tawarikh 19

Seorang raja yang berkuasa ditegur oleh seorang nabi Tuhan, Yosafat ditegur oleh Yehu bin Hanani. Teguran ini merupakan tanda kasih Tuhan kepada Yosafat agar ia tidak terperosok dan terperangkat dalam persepakatan dengan mereka yang membenci Tuhan. Murka Tuhan ini merupakan awasan bagi kita semua supaya tidak berjalan dalam nasihat orang fasik, tidak berdiri di jalan orang berdosa dan tidak duduk dalam kumpulan pencemooh. Hal ini dikarenakan pergaulan dapat mempengaruhi gaya dan sikap hidup manusia. Ingatlah bahwa pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik.

Dan demi menjaga tata kehidupan berbangsa maka keadilan harus ditegakkan. Karena itu Yosafat perlu mengadakan blusukan dari Bersyeba sampai ke pegunungan Efraim. Ia menyuruh semua rakyat untuk hidup takut akan Tuhan, Allah nenek moyang mereka. Dengan mengadakan blusukan maka Yosafat dapat mengetahui dengan pasti apa yang dibutuhkan oleh rakyat. Ternyata rakyat pada waktu itu memerlukan kehidupan yang adil dan kepastian hukum. Sehingga Yosafat memandang perlu untuk mengangkat para hakim-hakim di seluruh negeri. Berpesanlah ia kepada hakim-hakim itu: "Pertimbangkanlah apa yang kamu buat, karena bukanlah untuk manusia kamu memutuskan hukum, melainkan untuk TUHAN, yang ada beserta kamu, bila kamu memutuskan hukum. Sebab itu, kiranya kamu diliputi oleh rasa takut kepada TUHAN. Bertindaklah dengan seksama, karena berlaku curang, memihak ataupun menerima suap tidak ada pada TUHAN, Allah kita." Ia memerintahkan mereka: "Kamu harus bertindak dengan takut akan TUHAN, dengan setia dan dengan tulus hati." Setiap hakim harus bertindak dengan tegas dan tidak terpengaruh oleh keadaan dan situasi serta takutlah akan Tuhan. Pesan yang sama juga berlaku bagi para penegak hukum di negeri ini maupun di seluruh dunia.

Tegakkan hukum dengan tegas dan penuh pertimbangan serta takut akan Tuhan karena Tuhan akan ada dalam setiap keputusan hukum yang kita ambil sebagai penegak hukum.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 19:5 "Ia mengangkat juga hakim-hakim di seluruh negeri, yakni di semua kota yang berkubu di Yehuda, di tiap-tiap kota."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT