Devotion 736 : MENGANDALKAN TUHAN

Devotion 736 - DR. Heintje Kobstan
MENGANDALKAN TUHAN
Bacaan: 2 Tawarikh 14

Kemudian Abia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan dikuburkan dikota Daud. Lalu kemudian Asa, anaknya menjadi raja menggantikannya. Alkitab mencatat bahwa Asa melakukan apa yang baik dan hidup benar dihadapan Tuhan. Ia menjauhkan segala mezbah asing dan bukit-bukit pengorbanan. Ia juga memecahkan tugu-tugu berhala dan menghancurkan tiang-tiang berhala. Bahkan ia memerintahkan orang Yehuda untuk mencari Tuhan dan menaati hukum dan perintah. Dan kerajaan pun aman dibawah pemerintahannya.

Disaat keadaan aman, Asa menyuruh untuk memperkuat kota-kota dengan membangun tembok-tembok sekeliling beserta menara-menaranya. Asa sadar bahwa Tuhan masih memberikan mereka kesempatan untuk tinggal dan hidup di negeri itu karena mereka mereka mencari Tuhan. Ia juga masih mencari umatNya serta memberikan keamanan kepada mereka. Maka merekapun berhasil melaksanakan pembangunan itu. Asa juga menghimpun pasukan dari Yehuda, 300 ribu orang yang membawa perisai besar dan tombak dan Benyamin, 280 ribu yang membawa perisai kecil sebagai pemanah, mereka semua adalah para pahlawan yang gagah perkasa. Zerah, orang Etiopia dengan sejuta orang dan 300 kereta bergerak untuk memerangi Yehuda. Mendapat lawan yang kuat, maka Asa maju dan mereka mengatur pasukannya di lembah Zefata dekat Maresa. Tetapi ia tidak mengandalkan kekuatan pasukannya karena pasukan Zerah lebih banyak darinya, tetapi ia mengandalkan Tuhan. Kemudian berserulah Asa kepada Tuhan dan meminta pertolongan Tuhan maka Tuham memukul kalah Zerah dan Asa mengejar dan menjarah mereka. Dari orang-orang Etiopia itu sangat banyak yang tewas, tidak ada yang tinggal hidup karena Tuhan. Asa tahu dalam semua perkara bahwa ia harus mengandalkan Tuhan dan terbukti bahwa Tuhan sangat bisa diandalkan dalam segala hal. Mengandalkan Tuhan bukan saja pada waktu terjepit dan bermasalah tetapi juga disaat semua baik dan tentram. Jadi dalam seluruh aspek hidup dan dalam setiap keadaan kita harus selalu terkoneksi dengan Tuhan dan itulah cara agar kita selalu mengandalkan Tuhan.

Mengandalkan Tuhan bisa diartikan bahwa kita selalu terkoneksi denganNya dalam setiap aspek hidup kita dan didalam setiap keadaan.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 14:7 "Katanya kepada orang Yehuda: "Marilah kita memperkuat kota-kota ini dan mengelilinginya dengan tembok beserta menara-menaranya, pintu-pintunya dan palang-palangnya. Negeri ini masih dalam tangan kita, karena kita mencari TUHAN Allah kita dan Ia mencari kita serta mengaruniakan keamanan kepada kita di segala penjuru." Maka mereka melaksanakan pembangunan itu dengan berhasil."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT