Devotion 738 : KETIKA KITA TIDAK LAGI MENGANDALKAN TUHAN

Devotion 738 - DR. Heintje Kobstan
KETIKA KITA TIDAK LAGI MENGANDALKAN TUHAN
Bacaan: 2 Tawarikh 16

Benarlah kata firman Tuhan, seringkali sesuatu dimulai dengan roh tetapi kemudian diakhiri dengan daging. Apa yang kita pelajari dalam kehidupan Asa, raja Yehuda, dimana ia pada awalnya sungguh-sungguh mengandalkan Tuhan dan melakukan pembaharuan moral seluruh rakyat. Bahkan ketika menghadapi Etiopia dan Libya dengan tentaranya yang besar melebihi pasukan Yehuda dan Benyamin, tetapi karena ia mengandalkan Tuhan maka Etiopia dan Libya dikalahkan. Tetapi apa yang terjadi kali ini pada Asa.

Pada tahun ke-36 pemerintahan Asa, Baesa raja Israel maju untuk berperang melawan Asa. Ia memperkuat Rama dengan maksud untuk mencegah lalu lintas Asa, raja Yehuda. Asa bukannya meminta petunjuk Tuhan tetapi ia mengambil emas dari perbendaharaan rumah Tuhan dan istana raja lalu memberikan kepada Benhadad, raja Aram di Damsyik. Asa menyogok Benhadad untuk membatalkan perjanjian kerjasama keamanan dengan Baesa. Maka Benhadad menyuruh panglima-panglimanya untuk menyerang kota-kota Israel. Bagi Asa mungkin ini perkara politik yang biasa dikerjakan bangsa-bangsa lain, tetapi bagi Tuhan ini perkara yang berbeda. Datanglah Hanani dan menegur Asa, bahwa Asa tidak lagi mengandalkan Tuhan padahal mata Tuhan menjelajah ke seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatanNya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Padahal ketika Asa bersungguh hati maka Allah melindunginya, karena tidak ada masalah dari umatNya yang tidak diketahui Tuhan, karena mataNya menjelajah seluruh bumi. Tetapi karena Asa mengandalkan manusia maka sejak saat itu Asa akan menghadapi peperangan. Tuhan akan selalu melindungi umatNya yang sungguh-sungguh mengandalkanNya dalam segala hal. Tetapi ketika umatNya tidak lagi mengandalkanNya maka terbuka kesempatan bagi si jahat untuk menyerang umatNya.

Ketika kita mengandalkan Tuhan berarti kita berserah penuh pada Tuhan dan menyerahkan hidup ini untuk dilindungi dari si jahat.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 16:9 "Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Dalam hal ini engkau telah berlaku bodoh, oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT