Devotion 733 : PERPECAHAN & MAKSUD TUHAN

Devotion 733 - DR. Heintje Kobstan
PERPECAHAN & MAKSUD TUHAN
Bacaan: 2 Tawarikh 11

Rehabeam mulai menyatakan kekuasaannya, ia membangun pasukan perang dari suku Yehuda dan Benyamin. Pasukan perang itu berjumlah 180.000 teruna. Rehabeam ingin memakai kekerasan untuk menyatukan kembali kerajaan Israel. Karena pada saat itu, suku-suku di utara telah meminta Yerobeam menjadi pemimpin mereka. Namun datanglah firman Tuhan padanya melalui Semaya, abdi Allah. Tuhan tidak mengijinkan Rehabeam memerangi suku-suku Israel yang lain sebab Tuhanlah yang menyebabkan perpecahan kerajaan Israel.

Tetapi mengapa Tuhan yang menyebabkan perpecahan? Bukankah seharusnya menjadikan Israel satu daripada terpecah? Sebenarnya hal ini telah disampaikan Tuhan kepada Salomo. Dengan terpisahnya kerajaan itu maka pusat ibadah terbagi dua. Israel utara dibawah kepemimpinan Yerobeam dengan pusat ibadah di Bethel dan Dan disana didirikan patung lembu emas dan Israel selatan dipimpin oleh Rehabeam dengan pusat ibadah di bait Allah Salomo. Perpecahan ini mempunyai maksud untuk memelihara keluarga Daud sesuai janji Tuhan dan juga untuk mengadakan perbedaan mereka yang beribadah kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh atau tidak. Rehabeam mendengarkan suara Tuhan untuk tidak memerangi suku-suku di utara tetapi mulai berfokus pada ibadah di bait suci. Para imam dan orang-orang Lewi meninggalkan tanah pengembalaan mereka yang diikuti orang-orang Israel menggabungkan diri dengan Rehabeam karena mereka dilarang oleh Yerobeam dan anak-anaknya untuk memegang jabatan imam. Apa yang terjadi di zaman Rehabeam merupakan pelajaran berharga buat orang Israel pasca pembuangan, baik dalam hal ibadah dan kekuasaan. Perpecahan di satu sisi tidak baik dan bisa menghancurkan tetapi di sisi yang lain, perpecahan juga dapat dipakai Tuhan untuk mempertahankan kemurnian iman dan memelihara umatNya. Sehingga jika terjadi perpecahan diantara umat, maka pemimpin dan umat harus bersama-sama koreksi diri dan bertanya kepada Tuhan apa maksud dari semua ini.

Terkadang Tuhan mengijinkan terjadi perpecahan diantara umat untuk memelihara umatNya yang sungguh-sungguh beribadah padaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 11:4 "Beginilah firman TUHAN: Janganlah kamu maju dan janganlah kamu berperang melawan saudara-saudaramu. Pulanglah masing-masing ke rumahnya, sebab Akulah yang menyebabkan hal ini terjadi." Maka mereka mendengarkan firman TUHAN dan pulang dengan tidak pergi menyerang Yerobeam."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT