Devotion 740 : JANGAN TERTIPU

Devotion 740 - DR. Heintje Kobstan
JANGAN TERTIPU
Bacaan: 2 Tawarikh 18

Yosafat menjadi besan Ahab, raja Israel sehingga ia tidak bisa menolak ketika Ahab meminta bantuan padanya untuk berperang menyerang Ramot-Gilead. Tetapi Yosafat ingin meminta petunjuk Tuhan sebelum ikut berperang. Lalu kemudian Ahab mengumpulkan para pelihat dan mereka mulai bernubuat bahwa Allah akan menyerahkan Ramot-Gilead ketangan raja. Tetapi nubuat ini menimbulkan keraguan bagi Yosafat, sehingga ia menanyakan jika ada nabi yang lain yang bisa memberikan petunjuk. Ahab berkata ada, tetapi nabi ini selalu menubuatkan hal-hal yang tidak baik. Kemudian Ahab menyuruh memanggil Mikha bin Yimla.

Ketika para pesuruh memanggil Mikha, mereka berkata bahwa nabi-nabi telah sepakat untuk menubuatkan yang baik bagi raja dan Mikha juga harus ikut seperti mereka. Tetapi Mikha berkata apa yang Tuhan mau ia katakan, ia akan katakan. Maka ketika Mikha diminta pendapatnya, ia pun mengatakan seperti yang dikatakan para nabi sebelumnya. Tetapi Ahab menyuruh agar Mikha berkata jujur, sehingga Mikha pun menyampaikan firman Tuhan bahwa Israel akan kalah. Ada dua macam nabi, nabi yang hanya ingin menyenangkan telinga jemaat dan nabi yang benar-benar menyampaikan firman Tuhan. Dalam hal ini, para nabi yang pro Ahab sebenarnya telah dikuasai oleh roh dusta, roh dusta ini yang akan membawa Ahab mendapatkan malapetaka. Roh dusta ini masuk ketika Ahab menginginkan nubuatan yang sesuai keinginan hatinya dan juga nabi-nabi yang hanya ingin menyenangkan telinga manusia. Yosafat yang hidupnya selalu mencari Tuhan, bisa membedakan mana nubuatan yang asli dan palsu. Di masa kini kita harus peka dan mengenal firman Tuhan sehingga tidak mudah "ditipu" oleh berbagai nubuatan atau khotbah yang hanya menyenangkan telinga. Berhati-hatilah, di zaman ini banyak yang mengaku bahwa dirinya adalah nabi Tuhan tetapi tidak sepenuhnya menyuarakan suara Tuhan. Yosafat di masa pemerintahannya menyuruh agar para pembesar, para lewi dan imam untuk mengajarkan kitab Taurat kepada seluruh rakyat agar mereka mengenal Allah yang benar dan hidup dalam kebenaran serta tidak gampang terpengaruh terhadap nubuatan-nubuatan palsu. Sebagai hamba Tuhan, marilah sampaikan dan ajarkan firman Tuhan yang utuh dan benar sesuai kehendak Tuhan bukan untuk menyenangkan telinga manusia.

Hiduplah dalam kebenaran firman Tuhan supaya kita tidak gampang ditipu oleh nubuatan palsu atau khotbah yang hanya menyenangkan telinga manusia.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 18:6 "Tetapi Yosafat bertanya: "Tidak adakah lagi di sini seorang nabi TUHAN, supaya dengan perantaraannya kita dapat meminta petunjuk?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT