Devotion 746 : PADA SIAPA AKU HARUS BERGANTUNG?

Devotion 746 - DR. Heintje Kobstan
PADA SIAPA AKU HARUS BERGANTUNG?
Bacaan: 2 Tawarikh 24

Ketika Yoas diangkat menjadi raja atas Yehuda, Yoyada membuat ikatan perjanjian antara dia, raja dan dengan segenap rakyat bahwa mereka akan menjadi umat Tuhan. Lalu kemudian mereka merobohkan rumah Baal dan patung Baal serta membunuh imamnya. Sejak awal pemerintahan Yoas, kesadaran untuk beribadah kepada Tuhan dibangkitkan kembali. Bahkan ia mengerahkan para imam dan orang Lewi untuk memungut sumbangan dari setiap kota demi memperbaiki Bait Allah yang telah rusak akibat perbuatan anak-anak Atalya.

Kisah pemerintahan raja Yoas merangkum seluruh sejarah Yehuda yang ada. Di awal pemerintahan Yoas, ia hidup benar dan beribadah kepada Tuhan serta memperhatikan keadaan Bait Allah. Namun pada akhir pemerintahannya, ia meninggalkan Tuhan dan BaitNya bahkan membunuh nabi Zakharia yang menegurnya. Padahal Zakharia adalah anak Yoyada yang menyelamatkan hidupnya dari pembantaian dan bahkan menjadikannya sebagai raja atas Yehuda. Dan apa yang terjadi dengan Yoas, ia mati dalam kehinaan. Mengapa Yoas berubah dari beribadah kepada Tuhan dan kemudian berbalik meninggalkan Tuhan? Sejak Yoyada meninggal, Yoas seperti kehilangan arah hidup. Selama ini Yoyada yang selalu membimbingnya lalu kemudian ia mendapat nasehat-nasehat dari para tua-tua yang membawanya meninggalkan Tuhan. Yoas sebenarnya sangat bergantung dan mengandalkan Yoyada, ia mengandalkan manusia dan bukan Tuhan yang telah menyelamatkannya melalui Yoyada. Karena itu dalam hidup ini janganlah bergantung dan mengandalkan manusia karena manusia terbatas. Bergantunglah dan andalkan Tuhan yang tak terbatas.

Jangan bergantung pada manusia yang terbatas tetapi bergantunglah pada Tuhan yang tidak terbatas.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 24:17 "Sesudah Yoyada mati, pemimpin-pemimpin Yehuda datang menyembah kepada raja. Sejak itu raja mendengarkan mereka."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT