Devotion 727 : KEHADIRAN TUHAN YANG DINANTIKAN

Devotion 727 - DR. Heintje Kobstan
KEHADIRAN TUHAN YANG DINANTIKAN
Bacaan: 2 Tawarikh 5

Pada akhirnya, Salomo dapat menyelesaikan pekerjaan pembangunan rumah Tuhan. Salomo mengumpulkan semua kepala suku, para pemimpin puak orang Israel, berkumpul di Yerusalem untuk mengangkat tabut perjanjian TUHAN dari kota Daud, Sion, ke dalam bait suci. Tabut perjanjian itu melambangkan kehadiran TUHAN ditengah-tengah umatNya. Ketika semua orang sudah berkumpul, maka Salomo bersama mereka mempersembahkan korban bakaran yang tak terhitung banyaknya, di depan tabut. Setelah itu orang Lewi mengangkat tabut itu. Para imam dan orang Lewi juga mengangkut kemah pertemuan dan segala barang kudus yang ada dalam kemah itu.

Semua orang telah siap melakukan tugas pelayanan mereka termasuk para penyanyi dan pemusik. Salomo tidak ikut serta terlibat dalam seluruh kegiatan pemindahan tabut, dan semua peralatan kemah suci ataupun penyelenggaraan ibadah. Karena semua telah diatur sedemikian rupa dan semua orang yang telah dipercayakan tugas pelayanan melakukannya dengan penuh tanggung jawab. Dan ketika tabut perjanjian itu ditaruh di ruang Maha kudus, maka ibadah pun dimulai. Para imam keluar dari tempat kudus dan para penyanyi menyanyikan pujian-pujian dan syukur dengan diiringi alat-alat musik, mereka bernyanyi, "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setiaNya." Dan awan kemuliaan Tuhan memenuhi bait suci itu dan imam-imam tidak tahan berdiri untuk menyelenggarakan ibadah. Tuhan berkenan hadir dan berdiam di bait Suci itu. Sebab tanpa kehadiran Tuhan, bait suci hanya sebuah bangunan megah yang mati. Kehadiran TUHAN di bait suci itu membuat kehidupan orang Israel menjadi bergairah. Yang kita perlukan adalah kehadiran Tuhan dalam setiap pertemuan ibadah dan dalam hidup kita pribadi sebagai bait suciNya.

Tanpa kehadiran Tuhan didalamnya maka gereja hanyalah sebuah bangunan megah yang mati yang berisi program dan agenda manusia bukan kehidupan Kristus.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 5:14 "sehingga imam-imam itu tidak tahan berdiri untuk menyelenggarakan kebaktian oleh karena awan itu, sebab kemuliaan TUHAN memenuhi rumah Allah."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT