Devotion 743 : SALAH PILIH PASANGAN HIDUP

Devotion 743 - DR. Heintje Kobstan

SALAH PILIH PASANGAN HIDUP

Bacaan: 2 Tawarikh 21

Yoram, Azarya, Yehiel, Zakharia, Azariahu, Michael dan Sefaca adalah anak-anak Yosafat. Sebagai Ayah, Yosafat memanjakan anak-anaknya dengan berbagai pemberian berupa emas, perak, dan barang-barang berharga. Mereka juga diberikan kota-kota yang berkubu di Yehuda, agar mereka ikut membantu menjalankan pemerintahan dengan baik. Apa yang dilakukan Yosafat adalah memberikan kemewahan dan juga tanggung jawab untuk mengelola itu semua kepada anak-anaknya tetapi jabatan raja diberikan kepada Yoram sebagai anak yang tertua. 

Istri Yoram adalah anak Ahab dan Izebel, raja Israel. Apakah Yosafat yang tidak mendidik Yoram dan anak-anaknya dalam takut akan Tuhan ataukah kebiasaan keluarga Ahab yang telah mempengaruhi kehidupannya. Setelah Yoram menjadi kuat maka dengan tega ia membunuh seluruh adik-adiknya agar supaya takhtanya aman. Kebiadaban ini merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh keluarga istrinya, yang adalah juga penyembah berhala. Kebiasaan ini menular kepada Yoram sehingga rakyat diajaknya untuk kembali menyembah kepada berhala. Yoram telah memilih pasangan hidup yang tidak takut Tuhan sehingga ia pun terjerumus dalam melakukan kekejian dihadapan Tuhan. Sehingga Elia menegurnya dengan sebuah surat kenabian yang menyatakan hukuman baginya yaitu penyakit usus yang akan membunuhnya. Yoram pun meninggal dengan tidak dicintai oleh rakyatnya. Kesalahan dalam memilih pasangan hidup akan membuat ketidakberfungsian peranan suami dan istri dalam rumah tangga. Saling mendominasi dan mempengaruhi akan terjadi seperti keadaan Adam dan Hawa ditaman Eden. Karena itu bagi mereka yang belum menikah, mintalah pasangan hidup yang tepat dari Tuhan sehingga lewat pernikahan maka kemuliaan Tuhan akan dinyatakan. Tetapi bagi yang sudah menikah, berdoalah buat pasangan hidupmu agar hidup dalam takut akan Tuhan dan mengerti rencanaNya serta berfungsi sesuai kehendak dan rencana Tuhan.

Jangan salah memilih pasangan hidup karena itu mintalah pada Tuhan pasangan hidup yang tepat dan nantikan waktu Tuhan karena semua akan indah pada waktunya.

#passionateheintje.blogspot.com

2 Tawarikh 21:6 "Ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel seperti yang dilakukan keluarga Ahab, sebab yang menjadi isterinya adalah anak Ahab. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT