Devotion 729 : DOA YANG DIJAWAB

Devotion 729 - DR. Heintje Kobstan
DOA YANG DIJAWAB
Bacaan: 2 Tawarikh 7

Ketika Salomo mengakhiri doanya maka api Tuhan pun turun memakan habis korban yang dipersembahkan kepada Tuhan. Kemuliaan Tuhan pun memenuhi bait suci itu sehingga para imam tidak dapat memasuki bait suci itu. Dan ketika seluruh rakyat melihat hal itu, maka tersungkurlah dan sujud menyembah sambil menyanyikan lagu, "Sebab Tuhan baik! Bahwasanya untuk selamanya kasih setianya." Mereka mengakui kebaikan Tuhan yang telah dinyatakan kepada Daud dan Salomo dengan menepati janjiNya untuk menyelesaikan rumah kediamanNya dan berdiam di bait suciNya."

Salomo juga mempersembahkan korban bakaran dengan jumlah yang fantatis, 24 ribu lembu dan 124 ribu kambing domba untuk menahbiskan bait suci itu. Penahbisan ini dilaksanakan selama 14 hari yang dirangkaikan dengan perayaan pondok daun. Hal ini untuk menunjukkan kepada orang Israel pasca pembuangan agar mempunyai sikap antusias dalam beribadah dan tetap merayakan hari raya pondok daun.      Kemudian Tuhan menampakkan diri pada Salomo pada malam hari dan menjawab doa Salomo. Bahwa Tuhan telah mendengar doa Salomo dikarenakan kesungguhan hati dan maksud baiknya untuk bangsa Israel. Sesuai permintaan Salomo agar Tuhan mendengar dan menjawan setiap doa yang dinaikkan dari bait suci maka Tuhan pun menyatakan persyaratan agar doa-doa itu dijawab. Persyaratan itu bukan soal korban persembahan, pemberian atau kebaikan hati manusia. Tetapi selama Salomo dan Israel hidup dalam ketaatan dan kesetiaan kepadaNya maka Tuhan akan selalu hadir, mendengar dan menjawab doa-doa mereka. Yang dituntut Tuhan adalah ketaatan dan kesetiaan maka Tuhan akan mendengar dan menjawab doa-doa kita. Mungkin selama ini ada doa-doa kita yang tidak dijawab Tuhan karena kita tidak taat dan setia pada Tuhan. Tuhan juga menjawab doa Salomo karena Salomo tidak meminta kekayaan dan kebesaran tetapi agar Tuhan mendengar doa-doa yang dinaikkan dari bait suci. Karena itu marilah kita hidup taat dan setia kepada Tuhan serta naikkanlah doa-doa yang sesuai kehendak Tuhan maka jawaban doa akan segera kita terima.

Tuhan akan hadir, mendengar dan menjawab doa kita ketika kita hidup dalam ketaatan dan kesetiaan serta berdoa sesuai kehendakNya.

#passionateheintje.blogspot.
2 Tawarikh 7:15 "Sekarang mata-Ku terbuka dan telinga-Ku menaruh perhatian kepada doa dari tempat ini."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT