Devotion 861 : BERSYUKUR WALAU BELUM MENERIMA

Devotion 861 - Dr. Heintje Kobstan
BERSYUKUR WALAU BELUM MENERIMA
Bacaan: Mazmur 28

Apa yang sedang dialami Daud ketika menuliskan mazmur ini? Para ahli berpendapat bahwa saat itu dia sedang mengalami kesulitan dan mencari Allah, tetapi pada saat yang bersamaan dia juga bersiap untuk memujiNya karena keselamatan yang akan dia terima dariNya, dan dengan iman dia mengucapkan syukur kepadaNya atas hal itu, sebelum keselamatan itu benar-benar terjadi. Sebagian lagi berpikir bahwa saat menuliskan mazmur ini dia telah mengalami kemenangan, jadi sekarang dia mengingat dan mencatatkan doa-doa yang telah dia panjatkan pada saat dia ada dalam kesulitan, demi kebaikan dirinya sendiri dan juga orang lain, dan hal itu terjadi karena belas kasihan Tuhan saja.

Dia berdoa supaya Allah berbelas kasihan dengan mendengar dan menjawabNya, karena dalam kesesakannya ia kini berseru kepada-Nya (ay. 1-2). Perhatikan imannya di dalam doa itu: Ya TUHAN, gunung batuku, yang mencerminkan keyakinannya akan kuasa Allah (Dia adalah gunung batu) dan ketergantungannya kepada kuasa itu: “Dia adalah gunung batu yang menjadi dasar pengharapanku.” Dia mohon supaya dijauhkan dari malapetaka yang akan menimpa orang jahat. Tuhan, aku mendatangi tempat mahakudusMu, "janganlah menyeret aku dari tempat itu bersama-sama dengan orang fasik ataupun dengan orang yang melakukan kejahatan” (ay. 3). Dia menyerukan penghakiman Allah yang adil terhadap para pelaku kejahatan tersebut (ay. 4): Ganjarilah mereka menurut perbuatan mereka. Kalimat itu bukanlah bahasa yang penuh dengan kegeraman atau balas dendam, juga bukannya tidak sejalan dengan kewajiban untuk mendoakan para musuh kita. Dia menubuatkan kebinasaan mereka oleh karena penghinaan mereka terhadap Allah dan pekerjaan tanganNya (ay. 5). Dalam doa permohonan yang Daud serukan ternyata didalamnya ada pujian dan rasa syukur kepada Tuhan atas jawaban doa yang ia sudah terima walaupun belum terjadi. Inilah rahasia doa Daud yang mendapatkan jawaban Tuhan. Daud tidak memaksa Tuhan tetapi ia bersyukur atas semuanya bahkan atas yang belum terjadi.

Seruan doa kita kepada Tuhan sebaiknya didasari oleh rasa syukur untuk semua jawaban doa walaupun kita belum menerimanya.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 28:6 "Terpujilah TUHAN, karena Ia telah mendengar suara permohonanku."

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT