Devotion 837 : BELAS KASIHAN TUHAN

Devotion 837 - Dr. Heintje Kobstan
BELAS KASIHAN TUHAN
Bacaan: Mazmur 4

Pembacaan kita pada hari ini mengetengahkan tentang seruan Daud kepada TUHAN. Dan seruan ini merupakan doa Daud dan menjadi mazmur yang akan dinyanyikan oleh pemimpin biduan. "Apabila aku berseru, jawablah aku, ya Allah, yang membenarkan aku. Di dalam kesesakan Engkau memberi kelegaan kepadaku. Kasihanilah aku dan dengarkanlah doaku!" Ini adalah permohonan Daud, karena ia sadar bahwa perkenanan dan jawaban Tuhan atas doa-doanya bisa terjadi bukan karena siapa Daud atau apa yang telah dilakukan Daud tetapi murni karena belas kasihan Tuhan.

Ada dua hal yang diserukan lebih lanjut oleh Daud di sini: 1. Engkaulah Allah yang membenarkan aku. Tuhan bukan saja Allah yang benar, tetapi juga yang menciptakan sifat-sifat benar dalam diri Daud, dan dengan anugerahNya telah menjadikan Daud sebagai orang benar. Bahkan Tuhan pun yang akan memunculkan kebenaran Daud seperti terang. Dialah Allah yang membenarkan orang yang percaya kepadaNya. 2. Di dalam kesesakanku dulu Engkau memberi kelegaan kepadaku. Bahwa Tuhan telah melapangkan hati Daud dengan sukacita dan penghiburan yang kudus saat hatinya sesak. Tuhan telah memberikan kelegaan kepada Daud dengan membawanya keluar dari segala kesesakan. Pengalaman kelegaan dalam kesesakan inilah yang akan menjadi dasar untuk terus berharap dan percaya kepada karya Tuhan di masa depan. Apa yang Daud alami dan serukan kepada Tuhan juga berlaku buat kita yang percaya sampai saat ini.

Jika doamu dijawab Tuhan itu bukan karena hasil usahamu tetapi itu karena belas kasihan Tuhan semata.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur4:2 "Apabila aku berseru, jawablah aku, ya Allah, yang membenarkan aku. Di dalam kesesakan Engkau memberi kelegaan kepadaku."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT