Devotion 844 : JALAN HIDUP MANUSIA

Devotion 844 - Dr. Heintje Kobstan
JALAN HIDUP MANUSIA
Bacaan: Mazmur 11

Mazmur ini ditulis oleh Daud ketika ia menghadapi musuhnya. Ada kemungkinan pada saat itu adalah ketika ia berhadapan dengan Saul. Saul yang mulai membencinya dan berusaha untuk membunuhnya dengan beberapa kali melemparinya dengan tombak ketika ia selesai memainkan kecapi. Pada waktu itu banyak nasihat yang menyuruh Daud lari meninggalkan Israel, berpindah seperti burung yang terbang ke gunung. Tetapi Daud dengan keyakinan yang penuh tetap bertahan menjalani proses kehidupannya karena ia meyakini bahwa hanya pada Tuhan tempat perlindungan yang sejati.

Pemazmur sadar bahwa tindakan melarikan diri hanya akan membiarkan dasar-dasar kehidupan orang benar dihancurkan orang fasik. Dasar bisa berbicara tentang iman, maupun nilai-nilai kehidupan ataupun sistem pemerintahan. Apabila dasar-dasar ini dihancurkan maka kefasikan bisa merajalela. Tetapi bagaimanapun juga, Allah berada dalam baitNya yang kudus, takhtaNya ada di surga dan mataNya senantiasa melihat terus apa yang terjadi di bawah sini. Tidak ada yang tersembunyi di hadapanNya. Dia bertindak adil. Dua kali kata "menguji" (ay.5,6) dipakai untuk menunjukkan bahwa Tuhan secara serius menilai manusia. Kata "menguji" ini biasa dipakai untuk menunjukkan proses pemurnian logam oleh api. Iman Daud sedang diuji oleh Tuhan apakah pengakuannya dengan tindakannya sama atau berbeda. Biar bagaimanapun Tuhan tetap tahu yang mana orang benar dan yang mana orang fasik. Sebab ia yang menguji setiap hati manusia dan yang memperhatikan jalan hidup mereka. Orang yang hidupnya benar di hadapan Tuhan akan memperoleh kasih dan anugerahNya. Sedangkan orang fasik akan mendapatkan penghukuman. Tuhan adalah adil, tidak ada kecurangan dalam perbuatanNya sehingga kita bisa memandang wajahNya dalam ketulusan.

Keadilan Tuhan suatu saat akan dinyatakan kepada orang benar dan orang fasik, sebab Ia yang menguji hati dan mengetahui jalan hidup manusia.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 11:5 "TUHAN menguji orang benar dan orang fasik, dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan."

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT