Devotion 850 : TUHAN YANG MELUPUTKAN

Devotion 850 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN YANG MELUPUTKAN
Bacaan: Mazmur 17

Mazmur ini merupakan sebuah doa yang diserukan oleh Daud yang sedang berada dalam keadaan terjepit. Dalam penafsiran yang dilakukan, diperkirakan Daud sedang berada dalam pengejaran Saul. Daud telah menjadi musuh politik Saul dan masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang). Setiap saat ia harus berjaga-jaga dan menghindari kejaran Saul dan disamping itu juga ia harus menghadapi rasa takut akibat ancaman Saul. Hal ini yang mendorong ia berdoa dan berseru kepada Tuhan. Daud hanya percaya kepasa Tuhan, sebab hanya Tuhan saja yang sanggup menolong dan meluputkannya dari kejaran musuh-musuhnya.

Daud tidak asal berdoa untuk memohon pertolongan Tuhan tetapi ia membawa petisi mengapa ia layak ditolong Tuhan. Daud memiliki hati nurani yang murni dan kesadaran akan hidup kudus. Doa semacam ini lahir dari iman yang hidup yang kesungguhannya terwujud di dalam ketaatan kepada Allah. Dia bersungguh-sungguh dengan ucapannya, dan perasaan di dalam benaknya selaras dengan perkataan yang keluar dari mulutnya. Doa yang pura-pura itu sia-sia saja. Daud tidak berseru kepada allah lain tetapi hanya kepada Tuhan yang ia percayai akan menjawab doanya. Ia memiliki kepercayaan yang sungguh karena mengetahui bahwa ia adalah biji mata Tuhan. Biji mata pasti akan mendapat pemeliharaan dan perlindungan khusus dari pemiliknya. Dan Daud yakin ia akan mendapatkan pemeliharaan dan perlindungan dari Tuhan. Daud tahu bahwa Tuhan adalah Hakim yang adil dan penghakiman adalah milikNya. Sehingga ia meminta keadilan kepada Tuhan atas perkaranya dengan Saul. Karena itu Daud memohon agar Tuhan menunjukan kasih setiaNya. Kasih setia Tuhan disini menunjukkan bahwa kebaikan Tuhan itu luar biasa karena Ia tidak menahan kasih setiaNya kepada mereka yang berhak untuk mendapatkannya. Dan kebaikan Tuhan itu mengagumkan karena dalam beberapa perkara, kasih setia Tuhan itu tampil dengan cara yang istimewa dan ajaib, dan pastinya akan begitu pula di dalam keselamatan para orang kudus. Karena itu, jika kita sedang dikejar musuh, jangan takut untuk berseru pada Tuhan karena dengan kasih setiaNya Ia akan menolong kita.

Hanya Tuhan yang sanggup untuk meluputkan setiap orang yang percaya padaNya dari kejaran musuh yang akan menghancurkan kehidupan mereka.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 17:8 "Peliharalah aku seperti biji mata, sembunyikanlah aku dalam naungan sayap-Mu"

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT