Devotion 840 : KEBENARAN DI TENGAH KETIDAKADILAN

Devotion 840 - Dr. Heintje Kobstan
KEBENARAN DI TENGAH KETIDAKADILAN
Bacaan: Mazmur 7

Ketika kita berbicara tentang keadilan maka akan banyak pendapat dan pandangan. Tetapi pada kenyataannya bahwa para pelaku keadilan sering bertindak tidak adil. Keadilan di dunia ini dipandang hanya menjadi milik sekelompok orang saja. Dalam Mazmur ini, kita melihat Daud memohon keadilan Tuhan. Tidak ada penjelasan mengenai apa yang terjadi antara Daud dan Kusy, orang Benyamin. Pemazmur meminta Allah untuk menyelamatkannya (ayat 2- 3). Namun mungkin sekali tuduhan Kusy sama seperti tuduhan beberapa orang keturunan Saul, yakni bahwa Daud telah merampas takhta Saul (ayat 5-8) dan memperlakukan keturunan Saul dengan tidak adil (ayat 20:1). Apa pun itu, jelas pemazmur telah difitnah dan dianiaya.

Mazmur ini merupakan teladan bagi semua orang yang diperlakukan dengan tidak adil, difitnah atau diserang oleh orang-orang yang membenci mereka. Di tengah segala tantangan, ancaman, dan penderitaan yang disebabkan para lawannya, Daud berseru kepada Tuhan yang setia mendengarkan doanya. Ia berani mengadu dan menyatakan ketidakbersalahannya, karena keyakinannya akan hidupnya yang benar. Bahkan Daud meminta agar Tuhan menghakiminya terlebih dahulu. Dengan keyakinan itu, Daud sangat yakin bahwa Tuhan pasti akan membelanya karena ia tidak menyimpan kesalahan. Keadilan Tuhan akan menempatkan setiap permasalahan pada tempatnya dan menyatakan kebenaranNya. Tuhan juga akan membongkar kejahatan mereka yang memfitnah Daud. Hal ini menjadi peringatan keras buat orang-orang yang punya motivasi jahat. Tuhan dalam keadilanNya dapat membalikkan rencana jahat mereka menimpa diri mereka sendiri (ayat 13-17). Selama kita hidup benar maka kita tidak akan takut terhadap permusuhan, fitnah, bahkan aniaya karena Allah tahu membela umatNya dari perlakuan tidak adil dan semena-mena. Tuhan akan menyatakan kebenaran di tengah ketidakadilan. Sehingga dalam hidup ini, kita akan selalu bersyukur terhadap keadilan Tuhan.

Ketidakadilan pasti akan terjadi tetapi jangan takut karena Tuhanlah Pembela umatNya yang akan menyatakan kebenaran di tengah ketidakadilan.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 7:17 "Aku hendak bersyukur kepada TUHAN karena keadilan-Nya, dan bermazmur bagi nama TUHAN, Yang Mahatinggi."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT