Devotion 854 : DOA SUMBER SUKACITA UMATNYA

Devotion 854 - Dr. Heintje Kobstan
DOA SUMBER SUKACITA UMATNYA
Bacaan: Mazmur 21

Doa merupakan suatu pernyataan iman bahwa Tuhan yang kita andalkan sanggup melakukan kebaikan bagi orang percaya. Pasal ini merupakan jawaban dari doa Daud pada pasal sebelumnya. Daud tidak mengandalkan jabatannya, pasukannya, kekuasaannya tetapi ia mengandalkan Tuhan melalui doanya. Mengapa Daud sangat mengandalkan Tuhan? Karena pengalaman hidupnya berjalan dengan Tuhan yang membuatnya bisa mengandalkan Tuhan dalam seluruh hidupnya.

Daud di sini pertama-tama berbicara untuk dirinya sendiri, dengan mengakui bahwa sukacitanya adalah di dalam kekuatan dan keselamatan yang datang dari Allah, dan bukan di dalam kekuatan atau keberhasilan pasukan-pasukannya. Ia juga mengajak rakyatnya untuk bersukacita bersamanya, dan memberikan kepada Allah segala kemuliaan atas kemenangan-kemenangan yang telah diraihnya. Mengapa Daud bersukacita? Karena doa-doanya dijawab oleh Tuhan. Namun apakah Daud akan tetap bersukacita jika doa-doanya tidak dijawab Tuhan? Saya dengan yakin akan berkata ya, Daud tetap akan bersukacita karena jika Tuhan tidak menjawab doanya berarti Tuhan sedang menyediakan yang terbaik melebihi apa yang didoakannya. Daud bersukacita karena Tuhan telah mengejutkannya dengan berbagai kebaikan bahkan jauh melebihi apa yang diharapkannya. Dia juga bersukacita karena Tuhan telah menjadikan Daud sebagai raja yang terhormat dan berkuasa. Kerajaannya akan tetap turun temurun sampai selamanya. Bahwa Tuhan telah memuaskan hati Daud dan menjadikannya saluran berkat bagi seluruh rakyatnya, ini juga merupakan sukacita bagi Daud. Doa bukan saja sebagai pernyataan iman tetapi juga sumber sukacita umatNya karena Tuhan menjawab doa mereka, entahkah Tuhan menjawab dengan segera, tunggu dulu ataukah tidak.

Doa merupakan sumber sukacita umatNya karena Tuhan menjawab doa mereka, entahkah dengan segera, tunggu dulu ataupun tidak.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 21:1 "Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, karena kuasa-Mulah raja bersukacita; betapa besar kegirangannya karena kemenangan yang dari pada-Mu!"

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT