Devotion 838 : KASIH SETIA TUHAN

Devotion 838 - Dr. Heintje Kobstan
KASIH SETIA TUHAN
Bacaan: Mazmur 5

Apakah yang biasa kita lakukan saat bangun tidur di pagi hari? Apakah seperti lagu bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi... dst.? Pasal ini menyatakan bahwa pada pagi hari Daud berdoa kepada Tuhan. Doanya bukan doa ucapan syukur namun merupakan doa permohonan agar Tuhan menolong dirinya. Di waktu pagi sebelum memulai kegiatan, Daud mengatur persembahan dihadapan Tuhan dan menantikanNya. Tercermin suatu kerinduan yang dalam bahwa pertemuan dengan Tuhan dipagi hari merupakan agenda utama sebelum memulai segala sesuatu di hari itu. Tetapi itu bukanlah suatu rutinitas namun kehidupan, karena doa Daud bukanlah doa seperti kebanyakan orang karena Daud mengenal siapa Tuhannya.

Lagi pula doa yang dipanjatkan Daud merupakan doa penghakiman. Bukan Daud yang melakukan penghakiman tetapi dia menyerahkannya kepada Tuhan sebagai yang berhak menghakimi manusia. Penghakiman tersebut diperuntukkan kepada orang fasik dan pembuat kejahatan. Mengapa demikian? Karena Tuhan tidak berkenan kepada orang fasik, pembuat kejahatan, yang suka berkata bohong, penumpah darah dan penipu. Ini semua tabiat musuh yang ingin menghancurkan Daud sehingga ia meminta Tuhan untuk menghukum mereka. Daud dengan sangat yakin mengatakan bahwa berkat kasih setia Tuhan, ia dilayakkan untuk dapat hidup di hadapan Tuhan dan menyembahNya di rumah Allah. Daud hanya bersandar pada kasih setia Tuhan dan tidak mengandalkan kekuatan dirinya sendiri sehingga ia yakin Tuhan yang membelanya dari semua musuhnya. Dan semua orang yang telah menikmati kasih setia Tuhan akan menaruh kepercayaan yang sungguh kepada Tuhan dan tidak akan hidup diluar perlindunganNya. Mereka akan bersukacita dan bersorak-sorai menikmati segala berkat dan anugerah Tuhan sebagai orang yang dibenarkan. Karena itu saudaraku, hiduplah dalam kasih setia Tuhan dan jangan pernah untuk berpikir meninggalkan kasih setiaNya.

Kasih setia Tuhan haruslah menjadi dasar pengharapan maupun sumber sukacita kita dalam segala hal.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 5:7 "Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT