Devotion 847 : PERBUATAN BAIK YANG TERCEMAR

Devotion 847 - Dr. Heintje Kobstan
PERBUATAN BAIK YANG TERCEMAR
Bacaan : Mazmur 14

Secara umum, mazmur ini merupakan suatu gambaran tentang kerusakan kodrat manusia, tentang keberdosaan kita ketika dikandung dan dilahirkan, dan tentang kerusakan menyedihkan sebagian besar umat manusia, bahkan sebagian besar isi dunia yang berada dalam kebebalan. Sampai pada mazmur ini, Daud terus mengeluhkan orang-orang yang membenci dan menganiayanya, yang menghina dan melecehkannya. Mengapa demikian? Karena kerusakan moralitas manusia akibat dosa yang merajalela sehingga manusia hidup dalam kebebalan.

Pada dasarnya semua dosa merupakan perbuatan yang tidak mengakui adanya Allah. Orang bebal berkata dalam hatinya: “Tidak ada Allah” maka perbuatan mereka pun tidak ada yang baik. Mereka melakukan perbuatan yang busuk dan menjijikan di hadapan Tuhan. Dosa merupakan kejijikan di hadapan Allah. Orang-orang yang mengaku mengenal Allah, tetapi menyangkal Dia dengan perbuatan mereka, adalah orang-orang yang keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik. Kebebalan orang fasik terlihat dalam dua hal: mencemooh hukum Allah (Mzm. 14:1-3) dan menganiaya umat Allah (Mzm. 14:4-6). Mengapa mereka berani berbuat demikian? Karena mereka berpikir "Tidak ada Allah" (Mzm. 14:1). Dosa telah membuat manusia kehilangan kemuliaan Allah, semuanya telah hidup dalam kebejatan karena penyelewengan sehingga tidak ada seorangpun yang dapat melakukan perbuatan baik. Karena hal inilah maka Daud terus mengeluhkan keadaannya yang tertindas dan teraniaya. Tetapi dalam semua itu Daud mempunyai tempat perlindungan yang pasti, yaitu Tuhan. Daud sangat mengharapkan keselamatan bagi mereka yang dikuasai dosa. Daud juga mempunyai suatu pengharapan yang pasti bahwa hanya Tuhan yang sanggup memulihkan dan menyelamatkan setiap orang yang hidup dalam dosa. Hal ini telah dibuktikan oleh Yesus Kristus lewat pengorbananNya di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia.

Dosa telah menyebabkan manusia tidak mampu melakukan perbuatan baik, karena setiap perbuatan mereka telah dicemari dan dinajiskan oleh dosa.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 14:1 "Untuk pemimpin biduan. Dari Daud. Orang bebal berkata dalam hatinya: "Tidak ada Allah." Busuk dan jijik perbuatan mereka, tidak ada yang berbuat baik."

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT