Devotion 659 : MELANGGAR PERINTAH TUHAN

Devotion 659 - Dr. Heintje Kobstan
MELANGGAR PERINTAH TUHAN
Bacaan: 1 Raja-raja 13

Israel terbagi atas 2 kerajaan, kerajaan Yehuda dipimpin oleh Rehabeam dan kerajaan Israel dipimpin oleh Yerobeam. Setelah Yerobeam menjadi raja, maka ia melakukan beberapa tindakan untuk memperkokoh kerajaannya. Diantaranya adalah membangun tempat ibadah untuk orang Israel agar supaya mereka tidak pergi ke Yerusalem. Karena pikirnya, jika orang Israel pergi ke Bait Allah di Yerusalem untuk beribadah maka jangan-jangan hati mereka pun akan berbalik kepada Rehabeam dan mereka akan membunuhnya pada akhirnya.

Yerobeam membuat 2 lembu jantan dari emas dan menaruhnya 1 di Dan dan 1 di Bethel. Ia membuat kuil-kuil di bukit pengorbanan dan mengangkat para imam bukan dari suku Lewi. Ia menentukan tanggal hari raya, yaitu tanggal 15 bulan kedelapan seperti hari raya di Yehuda dan mendirikan mezbah di Bethel untuk mempersembahkan korban bakaran. Dan ia sendiri yang mempersembahkan korban tersebut, serta melarang seluruh rakyat untuk pergi beribadah ke Yerusalem. Yerobeam menyebabkan seluruh rakyat berdosa. Ketika ia sedang mempersembahkan korban di atas mezbah, Tuhan menyuruh seorang abdi Allah dari Yehuda ke Bethel, untuk menyatakan firman Tuhan dan tanda ajaib yaitu mezbah itu pecah dan abunya tercurah sebagai teguran buat Yerobeam. Bahkan ketika Yerobeam menyuruh untuk menangkap abdi Allah itu, tangannya menjadi kaku tak bisa digerakkan sehingga ia meminta belas kasihan Tuhan. Ia pun disembuhkan tetapi tetap tidak bertobat. Tetapi dalam perjalanan pulang, Abdi Allah itu terbujuk rayu nabi tua yang tinggal di Bethel sehingga ia melanggar dan memberontak pada perintah Tuhan dan akibatnya ia diterkam singa dalam perjalanan pulang.

Siapapun yang melanggar perintah Tuhan pasti akan mendapatkan hukumanNya.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Raja-raja 13:34 "Dan tindakan itu menjadi dosa bagi keluarga Yerobeam, sehingga mereka dilenyapkan dan dipunahkan dari muka bumi."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT